Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pacific Royale Terlantarkan Penumpangnya
Oleh : ali/dd
Selasa | 11-09-2012 | 18:21 WIB

BATAM, batamtoday - Tri Rahayu beserta ketiga anaknya yang masih kecil merasa ditelantarkan oleh maskapai Pacific Royale di Bandara Hang Nadim tanpa diberi kompensasi sesuai peraturan Dirjen Perhubungan Udara sebesar Rp300 ribu penggantian uang makan dan tempat menginap per calon penumpang sejak Minggu (9/9/2012) lalu.


Tri mengatakan, dirinya hendak berangkat ke Pekanbaru pada Minggu (9/11/2012) sekitar pukul 15:50 WIB sesuai jadwal yang tertera di tiket pesawat yang dia beli di agen tiket.

"Sengaja saya beli jadwal hari Minggu, biar anak saya bisa sekolah Senin," kata warga Pekanbaru ini saat ditemui di Banadara Hang Nadim, Batam, Selasa (11/9/2012). 

Namun, tambahnya, sebelum dia dan ketiga anaknya beranjak dari rumah, maskapai penerbangan melalui travel tempat dia membeli tiket pesawat, menghubunginya jika pesawat tidak jadi berangkat. Penerbangannya ditunda hingga Selasa.

"Tidak tahu alasannya apa, pihak maskapai hanya menawarkan saya apakah uangnya akan dikembalikan (refund) atau mengikuti jadwal,." ungkapnya.

Karena tidak mau ambil pusing, Tri memilih untuk mengikuti jadwal penerbangan Pacific Royale pada Selasa sekitar pukul 15:50 WIB. Namun ketika akan check in, petugas maskapai tersebut mengatakan tidak ada penerbangan lagi, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya lagi kepadanya.

"Pihak maskapai hanya meminta maaf saja atas pelayanan mereka. Kemudian memberikan tiket baru. Tidak ada konpensasi, pemberian makan atau penginapan. Ketika saya tanya kepada pihak Pacific Royale, mereka mengalihkannya ke pesawat Sky Aviation sekitar pukul 18:00 WIB, mau tak mau saya ambil," ceritanya di kantin Bandara Hang Nadim.

Tri juga mengatakan, handphonenya tidak pernah dimatikan selama 24 jam. Martines mengatakan, jika pihaknya tidak akan memberikan kompensasi terhadap penumpang yang diberitahukan sebelumnya.

Sementara itu, Deputi Station Head Pacific Royale, Martines Siregar mengatakan jika Pacific Royale Batam-Pekanbaru pada hari Minggu tidak bisa terbang karena alasan teknis.

"Kemudian kita beritahukan kepeda 24 penumpang adanya pengalihan penerbangan pada hari Selasa," ujarnya.

Dari 24 penumpang, dua orang diantaranya memilih untuk refund. Sedangkan 22 penumpang lainnya mengikuti jadwal Pacific Royale. Karena berbagai pertimbangan, Pacific Royale memajukan jadwal penerbangan pada hari Senin dengan pesawat Sky Aviation.
 
"Semuanya kita beritahu, kecuali Tri. Mungkin hapenya tidak aktif ketika dihubungi petugas," kilahnya.

Martines berdalih maskapai hanya memberikan kompensasi terhadap penumpang yang menunggu di Bandara setelah proses check in. 

"Perusahaan akan memberikan kompensasi jika calon penumpang menunggu lebih dari 1 jam, diberikan makan, jika lebih dari empat jam konpensasi Rp300 ribu. Tahapan yang kami berikan sudah sesuai  dengan peraturan menteri perhubungan," dalihnya lagi.