Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis UKM Harus Libatkan Strategi Komunikasi yang Kuat
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-09-2023 | 08:32 WIB
aqua_dwipayana_seminar_b.jpg Honda-Batam
Flayer Sharing Komunikasi dan Motivasi di Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD) Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Lombok - Mengembangkan strategi komunikasi yang kuat adalah langkah penting dalam membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan pendekatan yang bijak dan penuh perhatian terhadap kebutuhan pelanggan, kita dapat membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan mereka.

Demikian penegasan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan menjelang berbicara dalam dua sesi pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD) Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelaksanaannya sekaligus pada hari yang sama.

Sesi pertama bertajuk "Meningkatkan Produktivitas dan Loyalitas Kerja Semua Pegawai" yang disampaikan kepada sekitar 40 pegawai. Kemudian sesi kedua topiknya "Membangun Komitmen dan Loyalitas Pelanggan" kepada sekitar 30 orang pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Dr Aqua Dwipayana mengomptimalkan kehadirannya di Lombok, NTB, dengan mengisi sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi seharian penuh nyaris tanpa jeda.

Selain menyampaikan dua sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan industri perhotelan berbintang, tepatnya di Hotel Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjdjaran tersebut juga melengkapinya dengan berbicara di lingkungan para pegawai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian NTB serta kepada pelaku UKM di Lombok, Senin 4 September 2023.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BKPD Dinas Perindustrian NTB Apt. Drs. Agus Supriyanto yang mengundang Dr Aqua Dwipayana. Dia ingin mengoptimalkan kinerja seluruh jajarannya dan meningkatkan motivasi semua UKM binaannya.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu kemudian memberikan beberapa strategi komunikasi yang dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan tingkat loyalitas mereka.

Dr Aqua Dwipayana menyarankan untuk mempertahankan komunikasi yang teratur dengan pelanggan Anda melalui berbagai saluran seperti e-mail, pesan teks, media sosial, dan bahkan surat fisik jika memungkinkan. Kirimkan pemberitahuan tentang penawaran khusus, acara, atau pembaruan produk secara berkala.

"Juga gunakan data pelanggan untuk menyediakan komunikasi yang dipersonalisasi. Misalnya, sapa pelanggan dengan nama mereka dalam email atau berikan rekomendasi produk yang sesuai dengan sejarah pembelian mereka," ucap Dr Aqua Dwipayana.

Doktor dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu mengatakan agar memberikan konten yang bermanfaat dan relevan kepada pelanggan. Ini bisa berupa artikel, panduan pengguna, atau tips yang terkait dengan produk atau layanan. Berikan informasi tentang produk atau layanan baru dan cara mereka dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

"Berikan pelanggan kesempatan untuk memberikan umpan balik dan pendapat mereka tentang pengalaman mereka dengan bisnis kita. Tindak lanjuti umpan balik ini dengan tindakan nyata untuk memperbaiki layanan atau produk kita," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Pria rendah hati dan ramah itu melanjutkan, membangun loyalitas pelanggan di sektor UKM memerlukan dedikasi dan upaya konsisten. Ingatlah bahwa pelanggan setia bukan hanya konsumen yang melakukan pembelian reguler, tetapi juga mereka yang merasa diperlakukan dengan baik dan dihargai oleh bisnis kita. Dengan fokus pada pelayanan pelanggan yang unggul, komunikasi teratur, dan kepedulian terhadap kebutuhan mereka kita dapat membangun hubungan yang kuat dan mempertahankannya dalam jangka panjang.

Membangun komitmen dan loyalitas pelanggan, tutur Dr Aqua Dwipayana, adalah tujuan yang sangat penting bagi bisnis yang ingin berkelanjutan dan sukses. Loyalitas pelanggan berarti bahwa pelanggan akan terus membeli produk atau menggunakan layanan Anda, bahkan ketika ada pilihan yang tersedia dari pesaing.

Dr Aqua Dwipayana kemudian menyodorkan beberapa strategi khusus yang dapat membantu membangun loyalitas pelanggan di sektor UKM. Di sektor ini, pelakunya memiliki keuntungan untuk memberikan pelayanan yang lebih personal dan ramah. Kenali pelanggan secara individu, ingat nama mereka, dan ajak bicara tentang preferensi mereka ketika memungkinkan. Ini akan membantu membangun ikatan yang lebih kuat.

"Tanamkan budaya yang fokus pada pelanggan di seluruh organisasi usaha. Pastikan setiap anggota tim memahami pentingnya melayani pelanggan dengan baik. Tawarkan produk atau layanan baru secara berkala. Ini dapat memotivasi pelanggan setia untuk terus berinteraksi dengan bisnis kita. Berikan pengenalan khusus atau penawaran eksklusif kepada pelanggan lama," ujar Dr Aqua Dwipayana memaparkan.

Selanjutnya, tambah pria yang hobi membaca ini, buat program loyalitas yang sederhana dan efektif. Ini bisa berupa kartu anggota atau program poin yang memberikan hadiah kepada pelanggan setia setiap kali mereka melakukan pembelian. Pastikan program ini memberikan nilai yang sebanding dengan usaha pelanggan.

Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Pusat ini mengutarakan, meningkatkan produktivitas dan loyalitas kerja adalah upaya berkelanjutan dan memerlukan komitmen jangka panjang dari manajemen dan pemimpin organisasi. Dengan mengimplementasikan langkah-langkah yang benar, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan dan kesuksesan pegawai, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas dan loyalitas mereka.

Lebih jauh disampaikan beberapa langkah yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Pertama, komunikasi yang efektif. Pertahankan saluran komunikasi yang terbuka dan jelas antara unsur pimpinan dan pegawai. Dengan berkomunikasi secara efektif, seluruh karyawan akan merasa didengar dan dihargai, sehingga dapat meningkatkan loyalitas mereka.

"Selanjutnya, berikan umpan balik secara teratur kepada karyawan tentang kinerja mereka. Umpan balik yang konstruktif membantu mereka untuk berkembang dan merasa terlibat dalam pekerjaan mereka," kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Selain itu, tambah pria yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini, investasikan dalam pelatihan dan pengembangan karyawan. Memberikan kesempatan bagi pegawai untuk meningkatkan keterampilan mereka akan meningkatkan produktivitas dan juga menunjukkan bahwa sebagai pimpinan kita peduli terhadap perkembangan mereka.

"Pengakuan atas prestasi pegawai juga sangat penting. Ini dapat berupa penghargaan formal seperti penghargaan karyawan bulanan atau informal seperti pujian misalnya ucapan terima kasih. Jika memungkinkan, pertimbangkan opsi kerja fleksibel seperti kerja dari jarak jauh atau jadwal yang dapat disesuaikan. Ini dapat meningkatkan keseimbangan kerja-hidup dan meningkatkan loyalitas," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Membangun komitmen dan loyalitas pelanggan, tutur Dr Aqua Dwipayana, adalah tujuan yang sangat penting bagi bisnis yang ingin berkelanjutan dan sukses. Loyalitas pelanggan berarti bahwa pelanggan akan terus membeli produk atau menggunakan layanan Anda, bahkan ketika ada pilihan yang tersedia dari pesaing.

Konsep Pendirian UPTD BKPD: Kantor pemerintah di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Alamat Jalan Langko No. 67, Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, NTB.

Visi

NTB sebagai Pusat Industri Kemasan Mamin dan Kerajinan Produk Daerah terkemuka, berdaya saing global dan berperan sebagai motor penggerak utama perekonomian dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi

  • Meningkatkan pelayanan publik;
  • Meningkatkan pembinaan dan pemberdayaan dibidang industri Kemasan dan promosi Produk Daerah;
  • Meningkatkan pemberdayaan dan pengembangan teknologi di bidang industri Kemasan Produk Daerah;
  • Meningkatkan pelayanan teknis di bidang industri Kemasan dan Promosi Produk Daerah;
  • Meningkatkan Pelayanan teknologi industri Pengemasan Produk Daerah.

Konsep Pendirian

  • Tempat Pembinaan, Pemberdayaan, dan Pengembangan SDM para pelaku usaha/Industri Kecil Menengah (IKM).
  • Tempat pelayanan pemesanan kemasan, jasa pengemasan dengan teknik semi otomatis dan otomatis.
  • Tempat pelayanan Jasa pembuatan desain kemasan, merk, logo, etiket dan re-desain.
  • Tempat Promosi Produk IKM.
  • Tempat pelayanan informasi bahan pangan dan kemasan, produk pangan, keamanan pangan, alat, mesin, proses kemasan, produk kemasan.
  • Memberikan informasi proses perijinan makanan dan minuman SNI, TDI, IUI, PIRT, MD, ML, izin edar, health certificate, label halal, merek, dan barcode.

Sasaran

  • IKM dan Sentra IKM makanan, Minuman dan Kerajinan.
  • Perusahaan Besar, Menengah dan Kecil yang bergerak dibidang makanan, minuman dan Kerajinan.
  • Instansi terkait, BUMN, Lembaga pembiayaan, Perguruan Tinggi, Asosiasi makanan, minuman dan Kerajinan.*

Editor: Dardani