Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amnesty Internasional Kritik Respon Aparat yang Dinilai Berlebihan Tangani Protes Warga Pulau Rempang
Oleh : Redaksi
Jumat | 08-09-2023 | 16:52 WIB
usman_hamid_b.jpg Honda-Batam
Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid, menilai tindakan aparat yang menggunakn pentungan dan gas air merespon protes warga yang menolak pengukuran kawasan Rempang Eco-City, Kamis (7/9/2023), merupakan tindakan yang berlebihan.

Tindakan menembakkan gas airma bukan hanya membahayakan orang dewasa, namun juga anak-anak sekolah yang sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

"Sulit untuk membenarkan bahwa gas air mata memasuki area sekolah karena tertiup angin. Tindakan eksesif ini jelas merendahkan harkat dan martabat manusia yang diakui hukum internasional dan hukum nasional," kata Usman dalam keterangan resmi seperti dikutip di situs web Amnesty Internasional Indonesia, Jumat (8/9/2023).

Amnesty International Indonesia bersama LBH Pekanbaru, YLBHI dan WALHI mencatat pada Kamis, 7 September 2023, sejak pagi hingga siang, terjadi kekerasan dan intimidasi yang dilakukan oleh aparat Polda Kepulauan Riau terhadap masyarakat di Pulau Rempang-Galang, Batam.

Sebanyak kurang lebih 1.000 personel gabungan diturunkan untuk mengawal pemasangan patok dan pengukuran atas rencana pembangunan kawasan 'Rempang Eco City' seluas 17.000 hektar untuk dijadikan kawasan industri, perdagangan jasa, dan pariwisata.

Proyek itu masuk dalam program strategis nasional tahun ini, sesuai Permenko Bidang Perekonomian RI Nomor 7 Tahun 2023.

Ribuan warga setempat menolak pengukuran tersebut karena akan menggusur pemukiman mereka seluas 1.000 Ha. Namun penolakan masyarakat direspons dengan kekuatan yang tidak perlu dan berlebihan.

Kepolisian telah menggunakan gas air mata untuk membubarkan masyarakat yang ikut protes damai sambil memukuli mereka dengan pentungan.

Menurut Usman, setidaknya delapan orang warga yang ditangkap dan puluhan lainnya luka-luka. Selain itu, ratusan murid sekolah yang sedang mengikuti kegiatan belajar terpaksa dihentikan dan dibubarkan setelah muncul gas air mata.

Setidaknya, lanjut Usman, ada dua sekolah yang terkena tembakan gas air mata, yaitu SMP Negeri 22 Galang dan SD Negeri 24 Galang.

Para siswa dua sekolah tersebut berhamburan keluar dari gedung sekolah dan mencari pertolongan setelah gas air mata memasuki ruang kelas mereka.

Editor: Surya