Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMAN I Teluk Sebong Dapat Sosialisasi Operasi Zebra 2023 dari Unit Lantas Polsek Bintan Utara
Oleh : Harjo
Rabu | 06-09-2023 | 15:36 WIB
AR-BTD-3544-Polres-Bintan-Sosialiasi.jpg Honda-Batam
Unit Lantas Polsek Bintan Utara saat memberikan Sosialisasi Operasi Zebra Seligi kepada siswa-siswi SMAN I Teluk sebong Bintan. (Foto : Harjo/Batamtoday)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Siswa-siswi SMAN 1 Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, mendaptkan sosialisasi Operasi Zebra Seligi 2023 dari Unit Lantas Polsek Bintan Utara, Rabu (6/9/2023).

Kapolsek Bintan Utara, Kompol Suwityo, pun menyampaikan apresiasinya kepada pihak sekolah dan siswa-siswi SMAN I Teluk Sebong, yang hadir dalam kegiatan sosialisasi Operasi Zebra Seligi 2023.

Dijelaskan, Operasi Zebra Seligi 2023 yang dilaksanakan serentak oleh Kepolisian RI di seluruh Indonesia, terkhusus Bintan dilaksanakan oleh Satlantas Polres Bintan yang dimulai dari tanggal 04 September hingga 17 September 2023.

"Perlu diketahui, untuk pengendara kendaraan sepeda motor, mobil serta kendaraan lainya, bedasarkan aturan wajib memiliki surat izin mengemudi (SIM)," tegasnya.

Bagi siswa-siswi yang belum berusia 17 tahun, dilarang untuk berkendaraan dikarenakan pastinya belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Mengingat siswa-siswi SMAN 1 Teluk Sebong rata- rata menggunakan sepeda motor untuk ke sekolah.

"Diharapkan untuk dapat melengkapi kendaraanya, sesuai dengan standart kendaraan serta menggunakan helm," tambahnya.

Tujuan utama dari Operasi Zebra Seligi 2023 ini, guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) Lantas, dan meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan jumlah kecelakaan maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Serta membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan pelayanan Publik.

"Operasi Zebra Seligi, bukan diartikan merazia. Namun memberikan pendidikan kepada pengendara yang melanggar aturan guna meningkatkan kesadaran pengendara," terangnya.

Diharapkan, seluruh para siswa-siswi SMAN 1 Teluk Sebong khususnya agar dapat menghindari 7 sasaran Prioritas Operasi Zebra Seligi 2023 yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Bintan. Di antaranya, pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara yang berboncengan lebih dari 1 orang.

Selanjutnya, pengemudi atau pengendara yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara yang melawan arus, pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Teluk Sebong, Sunardi, serta para guru dan siswa -siswi, serta sejumlah personil Polsek Bintan Utara.

Editor: Gokli