Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah DPT Tanjungpinang Capai 155 Ribu Pemilih

Penetapan DPT Pilwako Tunggu Verifikasi Kecamatan Bukit Bestari
Oleh : chr/dd
Selasa | 11-09-2012 | 10:28 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ketua Pokja Pendafataran Pemilih Zulkifli Riauwan mengatakan, hingga saat ini pelaksanan verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwako Tanjungpinang sudah mulai rampung dan tinggal menunggu pelaksanaan pemutakhiran dan verifikasi DPS ke DPT di Kecamatan Bukit Bestari.


"Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, pemutakhiran dan verifikasi akhir DPS ke DPT dari PPS kelurahan ke PPK Kecamatan Bukit Bestari, hari ini akan dilaksanakan, dan dengan selesainya pelaksanaan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih ini, dalam minggu ini, penetapan DPT akan kita laksanakan," ujarnya, Selasa (11/9/2012).

Berdasarkan data KPU, dari 157.293 Daftar Pemilih Pemula Potensial Pemilu (DP4) dari Dinas Kependudukan Tanjungpinang, telah berhasil diverifikasi menjadi 153.042 Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Tanjungpinang. Selanjutnya, setelah melalui verifikasi dan pencacahan di tingkat kelurahan yang dilakukan PPS, hingga saat ini diperkirakan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tanjungpinang akan mencapai 155,000 orang.

"Penambahaan ini, terjadi setelah adanya, verifikasi dan daftar pemilih tambahaan, sebagai mana hasil verifikasi dan masukan parpol, Panwas serta sejumlah elemen masyarakat lainnya," kata Zul.

Terjadinya, silang pendapat atas temuan Panwasda dengan PPS dan PPK dalam pelaksanaan verifikasi beberapa waktu lalu, disebabkan adanya perbedaan nama, tempat dan tanggal lahir dan alamat dari masing-masing warga, serta adanya administrasi warga dari satu kelurhan dan di kelurahaan lain.

"Jadi setelah, kita analisis permasalahan temuan daftar pemilih yang terjadi, ternyata, sejumlah nama pada DP4 melalui Pendataan Disduk, tidak sesuai dengan administrasi nama di kelurahaan dan kecamatan, karena nama dan tanggal lahir warga ada yang disingkat," ujar Zul lagi.

Setelah verifikasi dan Faktualisasi PPS selesai serta soft copy dan data dikirim ke PPK dalam wakrtu dekat ini, seluruh PPK akan melaporkan hasil verifikasi yang dilakukan ke KPU. Dalam penetapan DPT nantinya, KPU akan tetap memanggil dan meminta masukan dari timses serta Panwasda Tanjungpinang.