Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cernival 2023 Berhasil Tingkatkan Akseptasi QRIS dan Keberdayaan Konsumen di Kepri
Oleh : Aldy
Rabu | 30-08-2023 | 11:32 WIB
Suryono-BI1.jpg Honda-Batam
Kepala Perwakilan BI Kepri, Suryono. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sukses menyelenggarakan festival bertajuk Creative and Innovative Riau Islands Carnival (Cernival) 2023 pada 26 - 27 Agustus 2023 di One Batam Mall.

Cernival 2023 ini dalam rangka mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi kebijakan sistem pembayaran dan pelindungan konsumen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Suryono, menyampaikan kegiatan Cernival merupakan inovasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia Kepri dalam menyampaikan kebijakan Bank Indonesia terkini dan memberikan QRIS experience yang berbeda bagi masyarakat.

Kegiatan Cernival dibuka Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono, yang merupakan perwujudan dari komitmen dan sinergi Bank Indonesia Kepri bersama dengan pemerintah daerah, perbankan serta mitra strategis terkait untuk terus mengakselerasi pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi kebijakan sistem pembayaran terutama QRIS dan pelindungan konsumen.

Cernival 2023 diharapkan dapat menjadi festival yang memberikan pengalaman lengkap kepada masyarakat, baik dari segi edukasi, teknologi, hiburan, dan budaya dalam sebuah rangkaian kegiatan. Dari sisi edukasi, Bank Indonesia Kepri menyelenggarakan Talkshow Coastal Era 2.0. (Consumer Protection and Data Security 2.0).

"Dengan tema 'Empowering Digital Consumer' yang menghadirkan narasumber dari Departemen Pengembangan UMKM dan Pelindungan Konsumen Bank Indonesia dan praktisi ahli di bidang digital banking serta BI Talk yang menyampaikan kebijakan terkini Bank Indonesia secara interaktif," ungkap Suryono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/8/2023).

Selanjutnya, kata Suryono, dari sisi budaya dan olahraga, pada CERNIVAL 2023 diselenggarakan berbagai kompetisi sehingga diharapkan dapat menjadi ajang kreativitas dengan diselenggarakannya berbagai kompetisi, antara lain: e-sports Mobile Legend; Cosplay, manga, dan game; K-Pop Dance Cover, serta Pembukaan PORBANK (Pekan Olahraga Perbankan) untuk mempererat hubungan, kebersamaan, dan silaturahmi antara pegawai perbankan di Provinsi Kepulauan Riau melalui nilai-nilai sportivitas sekaligus sebagai bukti komitmen kuat bersama untuk mendukung dan berkontribusi nyata terhadap perekonomian Kepri.

Pada CERNIVAL 2023 juga terdapat kegiatan sosial seperti Donor Darah yang diikuti oleh lebih dari 700 peserta. Puncak acara CERNIVAL 2023 dimeriahkan dengan penampilan band nasional dan lokal, yaitu, Nidji dan Road Roost. Dengan berbagai kegiatan dimaksud, Cernival sukses mendatangkan 11.787 pengunjung dengan volume transaksi QRIS Experience sebesar 27.682 transaksi dan omset transaksi bazaar UMKM selama dua hari sebesar Rp 281 juta.

"Pada momentum Cernival, Bank Indonesia Kepri dianugerahkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI sebagai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pertama yang menyelenggarakan Pemilihan Duta Pelindungan Konsumen," katanya.

Ditambahkan Suryono, dengan terpilihnya Duta Pelindungan Konsumen dan Duta QRIS diharapkan dapat semakin mempercepat sosialisasi kebijakan Bank Indonesia sehingga keberdayaan konsumen jasa sistem pembayaran diharapkan dapat meningkat.

"Bank Indonesia Kepri berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dengan Pemda, Perbankan dan Mitra Strategis lainnya untuk meningkatkan perekonomian di Kepri khususnya melalui perluasan ekosistem ekonomi dan keuangan digital serta keberdayaan konsumen," pungkas Suryono.

Editor: Gokli