Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rangkaian GTRA Summit 2023 di Karimun, Kementerian KP Tebar 50 Ribu Benih Ikan
Oleh : Freddy
Selasa | 29-08-2023 | 16:52 WIB
112233_pelepasan-benih-ikan_02923938347.jpg Honda-Batam
Kementerian KP Tebar 50 Ribu Benih Ikan Kakap Putih di Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menebar 50 ribu benih ikan kakap putih dan ikan nemo di pesisir pantai Leho, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulaun Riau, Selasa (29/8/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian GTRA Summit 2023 di Karimun.

Penebaran ikan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Victor Gustaf Manopo, bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Victor Gustaf Manopo mengatakan restocking benih ikan merupakan salah satu program Menteri Kelautan dan Perikanan, yakni menyediakan persediaan ikan dengan harapan dapat bermanfaat bagi nelayan di Indonesia.

"Kita mendengar keluhan nelayan bahwa stok ikan makin berkurang,jadi restocking ini bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga stok ikan," kata Victor.

Dijelaskan, dipilihnya jenis ikan kakap putih karena cocok dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi ikan kakap putih ini memiliki protein sangat tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya

"Ke depannya tidak hanya ikan kakap putih saja tetapi disesuaikan dengan karakteristik ikan tersebut yang tentunya bisa hidup dan berkembang," ungkapnya.

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan restocking atau penebaran benih ikan akan dilaksanakan 2 tahap. Untuk tahap pertama ini dilakukan penebaran benih ikan kakap putih sebanyak 47 ribu dan sisanya akan dilaksanakan pada tahap kedua akan dilakukan langsung oleh Menteri ATR/BPN bersama Gubernur Kepri dan tamu undangan lainnya.

"Mudah-mudahan untuk jangka waktu 5 sampai 7 bulan ke depan, benih ikan kakap putih ini berkembang dan bisa ditangkap nelayan Kabupaten Karimun," ujar Rafiq.

Editor: Yudha