Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Konflik Berkelanjutan, Kapolresta Barelang Sambangi Masyarakat Rempang-Galang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 28-08-2023 | 17:48 WIB
555_kapolresta-rempang_012345.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri dan Dandim 0316/Batam Letkol Inf Galih Bramantyo menyambangi warga Rempang-Galang, yang digelar di Rumah Makan Simpang Rezeki, Senin (28/08/2023). (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa waktu lalu, masyarakat Rempang-Galang dibuat resah dan cemas atas kedatangan petugas pengukur lahan Badan Penguasahan (BP) Batam.

Keresahan warga pun telah memaksa mereka untuk terus berjaga-jaga di jalanan untuk memblokir dan mengantisipasi pegerakan petugas pengukuran tersebut.

Hal ini diakui oleh tokoh masyarakat Rempang-Galang, Suardi, saat curhat kamtibmas bersama Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto dan Dandim 0316/Batam Letkol Inf Galih Bramantyo yang digelar di Rumah Makan Simpang Rezeki, Kecamatan Galang, Senin (28/08/2023).

"Sampai sekarang, tidak ada kejelasan dari pengembang dan pemerintah. Mereka tidak mengangap kami ini ada. Ada oknum yang memasang patok lahan di kampung kami tapa izin warga," ujarnya.

Tokoh masyarakat Rempang-Galang, Suardi, saat menyampaikan masukan dan harapan warga Rempang-Galang. (Irwan/BTD)

Suardi juga berharap, sesegera mungkin diwujudkan keinginan masyarakat. "Kami tidak mau ada relokasi, ini sudah harga mati. Dan mohon agar aparat penegak hukum dalam melakukan tindakan agar sesuai tupoksi.

Ia juga mendukung adanya investasi di Pulau Rempang-Galang, namun dengan tegas menyatakan penolakan relokasi. "Kampung kita jangan digusur, kita lakukan pemblokiran karena jika dipaksa dilakukan pengukuran akan timbul konflik. Karena kami takut pada saat sudah diukur lahan kita menjadi hilang dan akan timbul tumpah darah," ungkap Suardi.

Setelah mendengar keluh kesah masyarakat, Kapolresta Balerang Kombes mengatakan akan menjelaskan kepada BP Batam dan akan disampaikan ke DPRD Kota Batam serta akan diteruskan ke tingkat nasional.

Sejumlah warga Rempang-Galang yang mengkuti curhat kamtibmas. (Irwan/BTD)

Kapolresta Barelang menghimbau kepada masyarakat Rempang-Galang, agar menyampaikan aspirasinya melalui wadah yang ada dan dimohon. Nungroho juga mengingatkan masyarakat Rempang-Galang untik tidak mudah percaya isu-isu yang tidak benar atau provokator yang tidak bertanggung jawab.

"Mari kita jaga kamtibmas Kota Batam, khususnya Rempang-Galang, karena Batam, Rempang dan Galang adalah tempat kita bersama dengan keluarga kita," ucap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto.

Editor: Yudha