Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disbudpar Tanjungpinang Umumkan Empat Karya Terbaik Lomba Foto Story 2023
Oleh : Devi Handani
Minggu | 27-08-2023 | 09:36 WIB
Lomba_Foto_Story.jpg Honda-Batam
Pemenang Lomba Foto Story 2023 bertema 'Pesona Tanjungpinang', di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (26/08/2023) (foto: Devi Handani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang mengumumkan sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Foto Story 2023 bertema 'Pesona Tanjungpinang', di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Sabtu (26/08/2023).

Hadiah diserahkan langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, didampingi Sekretaris Disbudpar Faisal Pahlevi, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Salman, dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Andi Suryanto.

Dalam sambutannya, Muhammad Nazri menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat dan pecinta fotografi dalam Lomba Foto Story ini sangat penting dalam mempublikasikan potensi pariwisata di Tanjungpinang.

Menurutnya, lewat lensa dan kreatifitas dari para peserta, akan memberikan warna dalam mempromosikan pariwisata, pembangunan, serta kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kekayaan seni dan budaya di Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

"35 peserta yang mengirimkan karya fotonya, semuanya penuh kreatifitas. Mereka berhasil menangkap momen-momen indah di kota Tanjungpinang," ucap Nazri.

Kepada peserta pemenang lomba, Nazri mengucapkan selamat. Dan bagi yang belum, ia memberikan semangat untuk terus mengembangkan bakat dan kreatifitas melalui karya-karya foto yang menakjubkan.

"Insyaallah tahun depan kita adakan lagi. Mudah-mudahan akan semakin lebih baik," pungkasnya.

Salah seorang dewan juri Lomba Foto Story 2023, Andri Mediansyah, menyatakan Lomba Foto Story yang diadakan Disbudparbud menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan gairah fotografi, khususnya di Kota Tanjungpinang.

Diambilnya tema foto story ini, menurut Andri, secara tidak langsung disbudpar itu membangkitkan minat fotografi. Artinya menjadikan fotografer itu peka terhadap lingkungan dan sekitarnya, baik itu pembangunan maupun pariwisata di kota Tanjungpinang.

"Lomba foto ini juga turut melahirkan fotografer-fotografer yang menjadi citizen journalism. Melalui fotografer ini, khususnya lewat foto story, mereka memberikan cerita lebih mengenai keberadaan kota Tanjungpinang, termasuk keberhasilan pembangunan dan pariwisatanya, ini patut kita apresiasi," tuturnya.

Melihat karya-karya foto yang dikirim 35 peserta. Andri menilai, semuanya cukup mewakili aspek-aspek pembangunan, khususnya di bidang pariwisata dan juga sesuai tema-tema yang diusung dalam lomba ini.

"Kemampuan dan bakat para peserta juga, semuanya sudah cukup baik," pungkas dia.

Setelah melakukan penilaian dari karya foto yang masuk, empat dewan juri yakni Ari Amphibia, Bea Wiharta, Andri Merdiansyah, dan One Moto menetapkan 4 nama sebagai pemenang.

Juara 1 diraih oleh Afrizal, mendapatkan hadiah senilai Rp 4,5 juta. Untuk juara 2 diraih Dewi Kumala DS dengan mendapatkan hadiah Rp 3,5 juta. Juara 3 diduduki Rahmad Hidayat mendapatkan hadiah Rp2,5 juta. Dan juara favorit diraih Ismanto Sawu, mendapatkan hadiah Rp 750 ribu.

Editor: Surya