Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

6 Negara Gabung Kelompok BRICS, Total Sudah Miliki 11 Anggota
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-08-2023 | 15:16 WIB
333_brics_5_aliansi_ekonomi_098765.jpg Honda-Batam
BRICS digawangi oleh lima anggota yaitu Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan menerima enam anggota baru (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa pada Kamis (24/8/2023) mengumumkan, kelompok BRICS akan menerima enam anggota baru. Keanggotaan enam negara baru itu akan berlaku mulai 1 Januari 2024.

"Kami memutuskan untuk mengundang Argentina, Mesir, Republik Demokratik Federal Ethiopia, Republik Islam Iran, Kerajaan Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, untuk menjadi anggota penuh BRICS. Keanggotaan akan berlaku mulai 1 Januari 2024," kata Ramaphosa pada pertemuan puncak di Johannesburg, dilaporkan Al Arabiya.

Seruan untuk memperluas keanggotaan BRICS telah mendominasi agenda pertemuan puncak yang berlangsung selama tiga hari. Mereka mengungkap perpecahan di antara blok tersebut mengenai kecepatan dan kriteria penerimaan anggota baru.

"Kami mengambil keputusan melalui konsensus, dan telah menyetujui prinsip panduan, standar, kriteria dan prosedur proses ekspansi BRICS," kata Ramaphosa.

Hampir dua lusin negara secara resmi telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS. Sekitar 50 kepala negara dan pemerintahan lainnya menghadiri pertemuan puncak di Johannesburg, yang berakhir pada Kamis. Saat ini BRICS digawangi oleh lima anggota yaitu Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan.

Editor: Surya