Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dispora Tanjungpinang Gelar Kompetisi Olahraga Tahun 2023
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 23-08-2023 | 16:36 WIB
kompetisi-olahraga-tpi1.jpg Honda-Batam
Pembukaan kompetisi olahraga Dispora Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dispora menggelar Kompetisi Cabang Olahraga tahun 2023 dari tanggal 23-30 Agustus di lapangan Sepakbola Sulaiman Abdullah Jln Dewaruci Tanjungpinang, Rabu (23/8/2023).

Pada pembukaan Kompetisi Cabang Olahraga yang digelar Dispora Tanjungpinang ini diawali dengan defile peserta terdiri dari Marching Band Satpol PP, kemudian disusul oleh peserta Cabang Olahraga Sepakbola, Takraw, Futsal dan Bola Volly.

Usai penampilan defile para peserta, dilanjutkan upacara pembukaan Kompetisi Cabang Olahraga oleh Walikota Tanjungpinang Hj Rahma dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat menyambut baik dan bangga dengan diselenggarakannya Kompetisi Cabang Olahraga Tahun 2023 dan berharap dalam ajang ini bisa meningkatkan prestasi dan silaturahmi kepada sesama insan olahraga.

"Saya berharap kepada seluruh peserta selain meningkatkan prestasi dan meningkatkan silaturahmi sesama insan olahraga baik atlet, pelatih, wasit, official maupun para siswa se Kota Tanjungpinang. Untuk itu kepada peserta agar memanfaatkan semaksimal mungkin ajang ini guna meraih prestasi sehingga nantinya dapat mewakili Kota Tanjungpinang ataupun memperkuat kontingen Tanjungpinang dalam ajang lebih tinggi," ujarnya.

Dirinya melanjutkan bahwa olahraga mempunyai sifat mempersatukan, sebab dalam olahraga kembali ke dalam fitrah semua. Meninggalkan status, profesi, dan mengandalkan kemampuan selaku insan manusia.

"Suatu pertandingan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan, namun ditentukan pula oleh nasib dan keberuntungan sebab tidak ada yang bisa memastikan apabila dihadapkan pada kemampuan dan peluang yang sama. Itulah menariknya olahraga seseorang olahragawan dituntut untuk menang secara jantan dan kalah secara terpuji, seseorang olahragawan disebut pahlawan karena mampu membawa nama harum timnya," jelas Walikota Tanjungpinang Hj Rahma.

Sementara itu, Kadispora Kota Tanjungpinang Efendi menjelaskan pada Kompetisi Cabang Olahraga ini untuk memeriahkan peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan Indonesia. Dimana dalam Kompetisi tersebut terdapat 4 cabang olahraga yakni Sepakbola, Sepak takraw, Futsal dan Bola Volly.

"Khusus untuk takraw kita rekrut dari umum, sedangkan cabor lainnya dari pelajar SMP/SLTA dan SMA se sederajat. Kompetisi ini kita khususkan bagi seluruh pelajar se Kota Tanjungpinang," ungkap Efendi.

Ia menambahkan, Cabang Olahraga futsal terdiri 4 tim sebanyak 240 orang, sedangkan cabang Sepakbola sebanyak 10 tim 180 orang, Bola Volly putra 13 tim dan Putri 8 tim dengan total keseluruhan peserta sebanyak 210 orang.

"Sepak takraw sebanyak 16 Team terdiri 80 orang, kemudian official sebanyak 100 orang, juri dan wasit 50 orang sehingga total keseluruhan peserta maupun official dan wasit sebanyak 860 orang," pungkasnya.

Editor: Yudha