Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Matangkan Persiapan GTRA Summit 2023 Karimun, Ansar: Harus Punya Kesan Positif untuk Kepri
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-08-2023 | 13:48 WIB
333_ansar-GTRA-karimun_01921836734.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad memimpin Rapat Lanjutan Persiapan Pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023 Karimun di Gedung Daerah Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Selasa (22/8/2023) malam.

Rapat diselenggarakan dalam rangka mematangkan persiapan, mendengarkan laporan dari penanggung jawab masing-masing agenda, serta merumuskan solusi atas potensi kendala pada acara yang akan digelar dari 28 hingga 30 Agustus 2023 dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Gubernur Ansar Ahmad menekankan, pihaknya harus mempersiapkan acara dengan serius dan sebaik mungkin walau belum ada kepastian kehadiran Presiden. Ia juga berharap acara ini dapat meninggalkan kesan positif pada Provinsi Kepri sebagai tuan rumah.

"Karena acara berskala nasional dan dihadiri Presiden, para Menteri, Kepala Lembaga, serta Gubernur provinsi lain, berkaca pada acara Hasiarnas dan Rakornas KPI 2023 yang lalu, kita harus bisa memberikan pelayanan terbaik dan menunjukkan kemajuan daerah kita," ujar Ansar Ahmad, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Salah satu hal yang harus benar-benar disikapi adalah urusan mobilisasi tamu. Gubernur Ansar Ahmad meminta tiap OPD untuk menjaga agar tidak ada kesan negatif. Tidak hanya saat kedatangan namun hingga waktu pulang, tamu harus diurus dengan baik.

"Untuk para Menteri, juga diatur, lebih baik Bupati dan Wali Kota yang menjemput dan mengantar sekaligus hadir di sana. Sarana angkutan kapal, Kepri 1, Kepri 4, dan kapal-kapal milik pengusaha-pengusaha lain yang bisa dipakai agar diinventarisir," kata Ansar Ahmad.

Ia juga menambahkan, persiapan ini akan dirapatkan lagi secara internal. Semua OPD akan diberi instruksi khusus.

"Tinggal kita sempurnakan sembari mengupdate terus. Yang masih harus disimulasi urusan traffic, mobilisasi jika banyak kendaraan-kendaraan pribadi yang dipakai sebab traffic terbatas," tuturnya.

Rangkaian acara GTRA Summit 2023 Karimun adalah sebagai berikut, dimulai dari 28 Agustus 2023 peserta berdatangan ke Karimun. Kemudian pada 29 Agustus 2023 dimulai pukul 13.00 agenda Pra Rakor dipimpin Wamen ATR/BPN, dilanjutkan Welcome Dinner di Lokasi yang belum ditentukan.

Lalu pada 30 Agustus 2023 acara puncak rakor GTRA Summit 2023 di Hotel Aston, kemudian acara di Coastal Area seperti penyerahan sertifikat tanah, bantuan UMKM, BPJS Nelayan, peninjauan Expo, Kenduri Durian, Dialog Nelayan, Penanaman Mangrove, penutupan pada malam hari oleh Menteri ATR BPN.

Sebagai informasi, jumlah sertifikat tanah yang diserahkan sebanyak 10.668 sertifikat, dimana 2.035 penerima hadir langsung. Sementara itu jumlah peserta GTRA Summit sebanyak 255 yang terdiri dari DPR RI, Kementerian/Lembaga, ATR/BPN, Gubernur dari Provinsi Lainnya, Bupati dan Walikota se-Kepri, Forkopimda Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun, serta CSO.

Editor: Gokli