Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Festival Sistem Pembayaran dan Perlindungan Konsumen

BI Kepri Bakal Gelar Creative and Inovative Riau Island Carnival 2023 di One Batam Mall
Oleh : Harjo
Selasa | 22-08-2023 | 14:28 WIB
222_carnival-BI_01918171726.jpg Honda-Batam
Featival bertajuk 'Creative and Inovative Riau Island Carnival 2023' di One Batam Mall pada 26-27 Agustus 2023. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau akan menggelar Festival Sistem Pembayaran dan Perlindungan Konsumen pada 26-27 Agustus 2023 di One Batam Mall.

Plh Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau, Adidoyo Prakoso, menyampaikan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini, turut mendorong digitalisasi pada erekonomian Indonesia, termasuk pada aspek sistem pembayaran.

Untuk meningkatkan akseptasi digital khususnya di bidang sistem pembayan, BI Kepri berupaya medorong pengggunaan quick reaponse code indonesian standard (QRIS). Baik dari sisi pengguna maupun dari volume transaksi melalui penyelenggara featival bertajuk 'Creative and Inovative Riau Island Carnival 2023'.

Festival yang akan diselenggarakan perwujudan komitmen dan sinergi Bank Indonesia, dengan Pemerintah Daerah serta mitra strategis. Untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi kebijakan sistem pembayaran dan perlindungan konsumen.

"Cernival 2023 diharapkan menjadi sarana edukasi kebijakan bank Indonesia, serta memfasilitasi masyarakat untuk merasakan pengalaman kemudahan bertransaksi menggunaka QRIS (QRIS Experience)," katanya, Selasa (22/8/2023).

Dengan bertransaksi menggunakan QRIS, selama festival berlangsung, masyarakat berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik dari puluhan UMKM yang menawarkan produk terbaik pada cernival 2023.

Selain itu, juga akan dilengkapi dengan Talkshow Coastal Ara 2.0 (corsumer protection and data security 2.0) bertema 'Empowering Digital Cinsumer' yang menghadirkan narasumber dan praktisi ahli di bidang digital banking dan dompet elektronik.

Dikatakannya, melalui talkshow tersebut, masyarakat diharapkan dapat mahami current issue/tase di era digital dan cara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian keberdayaan konsumennjasa sistem pembayaran dapat meningkat, sehingga mamlu menjadi konsumen yang peka ( peduli, kenali, adukan).

Tidak hanya itu, momemtum carnival 2023, akan menjadi ajang kreativitas, bagi generasi muda dengan dengan diselenggarakan berbagai kompetisi, acara lain e-sports mobile legend, cosplay untuk untuk penggemar anime, mangga dan game, k-pop dance, cover, serta beberpaa.kompetisi lainnya.

Di mana, puncak acara carnival akan dimeriahkan dengan penampilan band nasional dan lokal, yaiti Nidji dan Road Roost. Oleh karena itu carnival diharapkan dapat menjadi festival yang memberikan pengalaman lengkap kepada masyarakat, baik dari segi edukasi, teknologi, hiburan, dan budaya dalam sebuah rangkaianan kegiatan.

Informasi lebih lanjut, mengenai penyelenggaraan, daftar dan jadwal acara Carnival 2023, dapat diakses melalui akun instragram @Cernival.kepri dan @Bank_Indonesia_Kepri.

Editor: Gokli