Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PLUT Batam Catat 1.026 Pelaku UMKM Telah Miliki NIB
Oleh : Aldy
Selasa | 22-08-2023 | 11:28 WIB
222_UMKM-BTM-nib_0191873641.jpg Honda-Batam
Beberapa produk UMKM Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batam, mencatat sekitar 1.026 pelaku UMKM telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). UMKM ini didominasi pelaku usaha makanan dan kerajinan tangan.

Kepala PLUT Kota Batam, Arfie Eranov, mengatakan pelaku UMKM terus melakukan pendaftaran atau registrasi, saat ini ada sekitar 20 pelaku UMKM yang sedang mengajukan pembuatan NIB di PLUT.

"Kalau di kita terdata sebagai binaan itu ada 1.026 pelaku UMKM yang ada NIB-nya. Pembuatan NIB bisa kita fasilitasi pembuatannya," kata Arfie, Selasa (22/8/2023).

Ia menyebutkan, pihaknya terus mendorong pelaku UMKM untuk memiliki NIB karena pendaftarannya gratis. "Pendaftaran NIB ini gratis dan juga secara online melalui melalui OSS (Online Single Submission), jadi mandiri pun juga bisa. Yang diperlukan hanya KTP dan nomor WhatsApp yang aktif," ujar Arfie.

Selain itu, juga menargetkan pembuatan nomor induk berusaha (NIB), sertifikasi halal, dan sertifikat izin pangan industri rumah tangga (PIRT) untuk 1.650 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sepanjang 2023.

"Kalau untuk layanan itu setiap pelaku usaha yang datang mulai membuat NIB, sertifikasi halal, dan PIRT itu dimasukkan ke dalam binaan dari PLUT," ungkapnya.

Ditambahkan Arfie, pelaku UMKM dapat meminta pembinaan dari konsultan PLUT terkait peningkatan SDM untuk pelaku usaha, penghitungan harga produk, hingga cara pemasaran produk.

"Capaiannya nanti kita sesuaikan, mungkin dari segi legalitas tercapai sekian ratus UMKM yang melingkupi NIB, sertifikasi halal ataupun PIRT. Nanti dari segi bantuan permodalan sekian yang kita fasilitasi. Dari segi pemasaran yang masuk ke e-commerse sekian. Jadi dibagi ke bagiannya masing-masing," pungkasnya.

Editor: Gokli