Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut HUT RI ke-78, Jajaran Polres Bintan Gelar Baksos di Makam Panjang Desa Pengujan
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 15-08-2023 | 18:39 WIB
baksos-bintan1.jpg Honda-Batam
Kegiatan bakti sosial Polres Bintan di Makam Panjang Desa Pengujan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Menyambut HUT RI ke-78 tahun 2023, Polres Bintan gelar bakti sosial dengan membersihkan Makam Panjang di Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo yang diikuti seluruh personel Polres Bintan serta masyarakat setempat.

Makam Panjang yang ada di Desa Pengujan merupakan salah satu makam pahlawan kerajaan Melayu Kepulauan Riau yaitu kerajaan Bentan. Ada pula dari sumber lain mengatakan bahwa Makam Panjang tersebut merupakan pahlawan kerajaan Kesultanan Riau Lingga yang masih ada hubungan keluarga dengan Kerajaan yang ada di Pulau Penyengat.

Kapolres Bintan mengatakan Makam Panjang tersebut sudah menjadi salah satu Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Bintan.

"Hari ini kami melaksanakan bakti sosial dengan melakukan pembersihan di salah satu situs sejarah yaitu Makam Panjang yang ada di Pulau Pengujan Kabupaten Bintan, yang bakti sosial tersebut merupakan salah satu kegiatan Polres Bintan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023," ujar Riky.

Makam Panjang tersebut sudah termasuk salah satu situs bersejarah dan menjadi salah satu tempat Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Bintan yang harus dilindungi sesuai dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

"Untuk itu, kita menghimbau kepada masyarakat agar selalu mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan, termasuk dengan kerajaan yang ada sebelum Kemerdekaan karena sikap dan prilaku para pejuang mencerminkan perbuatan yang cinta Tanah Air sehingga rela berkorban sampai rela berkorban nyama sekalipun," imbuh Riky.

Editor: Yudha