Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Optimalkan Potensi Bisnis, Bank Muamalat dan Pos Indonesia Kerja Sama Strategis
Oleh : Irawan
Selasa | 01-08-2023 | 15:12 WIB
Muamalat_Pos_Indonesia.jpg Honda-Batam
Kerjasama PT Bank Muamalat dengan PT Pos Indonesia (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama strategis dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, dalam lingkup layanan transaksional, pembiayaan syariah, investasi, serta ekosistem haji dan umrah. Kerja sama ini ditandatangani di Bandung, Senin (31/7/2023).

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero), Haris, menjelaskan beberapa layanan yang dikerjasamakan dengan Muamalat.

"Kenapa kita pilih Bank Muamalat? Karena pertama, sesuai dengan syariah. Kemudian, kita punya beberapa keunggulan. Bagaimana kita satu padukan keunggulan tersebut agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kedua pihak dan juga masyarakat," kata Haris dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8/2023).

Lewat kerja sama ini, nasabah Bank Muamalat dapat melakukan setor dan tarik tunai melalui kantor layanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia di seluruh wilayah di Tanah Air.

Kedua perusahaan juga akan bekerja sama dalam pemanfaatan layanan jasa keuangan terkait penghimpunan dan penyaluran dana.

Direktur Utama Bank Muamalat, Indra Falatehan, menjelaskan melalui sinergi terbaru ini, kedua perusahaan diharapkan dapat mengoptimalkan potensi bisnis khususnya dalam hal diversifikasi layanan dan ekspansi pasar.

Pos Indonesia akan menjadi mitra Bank Muamalat dalam penyaluran pembiayaan kepada nasabah Bank Muamalat melalui Pospay dan Pospay Kios Syariah.

Selain itu, nasabah bank syariah pertama di Indonesia ini juga dapat melakukan pembayaran angsuran pembiayaan syariah melalui Kantorpos dan super app Pospay.

"Beberapa produk Bank Muamalat akan ada di Pospay. Begitu juga kami akan menyambungkan antara mobile banking Bank Muamalat dengan Pospay. Ini merupakan kerja sama yang sangat bagus sekali antara digital Bank Muamalat dengan digitalnya PT Pos Indonesia," kata Indra Falatehan.

Fronting Fisik dan Digital

Penandatanganan kerja sama dua perusahaan ini berlangsung di sela acara rapat pimpinan PT Pos Indonesia (persero). Dalam kesempatan itu, Direktur utama PT Pos Indonesia (persero), Faizal Rochmad Djoemadi, memperkenalkan ULBI. Menurut Faizal ULBI menjadi kawah candradimuka Pegawai pos Indonesia untuk meningkatkan kompentesi dan skill.

"Pos Indonesia ini mesin utamanya adalah orang. Kita sangat tergantung pada orang, jadi bila orangnya hebat, otomatis perusahaannya juga hebat," kata Faizal.

Faizal menambahkan bahwa ini bagian dari kerja sama yang penting, Pos mempunyai divisi Jasa Keuangan yang inklusi. Jadi menyasar ke masyarakat yang tidak punya akun bank.

"Ke depan, kita mendapat amanah dari kementerian BUMN untuk mengembangkan bisnis fronting. Jadi kita akan menjadi channel bagi pemilik jasa keuangan, apakah itu produk insurance, investment, dan lending, dan juga termasuk menyediakan bisnis proses outsource untuk loket dan customer service bank, di mana bank banyak menutup cabang karena tidak efisien dansudah beralih ke digital. Namun demikian ternyata Oleh sebab itu, pos Indonesia yang dianggap sebagai institusi yang netral, karenanya kami merintis fronting tidak hanya produk tapi juga fronting juga di channel fisik dan digital, sehingga seluruh layanan bank bisa kita jual melalui channel," tutur Faizal.

Dalam hal investasi, kerja sama ini juga akan memfasilitasi pembelian emas digital melalui transaksi digital sehingga nasabah Bank Muamalat dapat berinvestasi dengan lebih fleksibel dan aman.

Pos Indonesia juga akan berperan sebagai sub agen dari Bank Muamalat dalam mendistribusikan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang membuka kesempatan bagi nasabah untuk berinvestasi dengan potensi keuntungan yang optimal dan sesuai prinsip syariah.

Selanjutnya, terkait layanan ekosistem haji dan umrah, nasabah Bank Muamalat dapat membuka rekening, melakukan setoran tabungan haji/umrah, mendaftarkan porsi haji dan memantau perkembangan porsi haji melalui jaringan Pos Indonesia dan super app Pospay.

Bank Muamalat maupun Pos Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi para calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Editor: Surya