Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Atasi Over Kapasistas, Pemprov Kepri Bagun 4 Sekolah Baru di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-08-2023 | 12:48 WIB
sekolah-baru.jpg Honda-Batam
Ilustrasi - Gedung sekolah baru.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemprov Kepri bakal membangun 4 sekolah baru di Kota Batam, tahun 2023 ini. Pembangunan sekolah baru ini, bagian dari upaya mengatasi over kapasitas murid di sejumlah sekolah yang terjadi pada PPBD 2023.

Adapun 4 sekolah baru itu, yakni SMAN 29 di Kavling Nato, Kecamatan Sagulung; SMAN 30 di Tiban, Kecamatan Sekupang; SMKN 10 di depan Mapolda Kepri, Kecamatan Nongsa dan SLBN di Kecamata Batu Aji.

Kepala Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kepri cabang Batam, Kasdianto, menuturkan pembangunan unit sekolah baru ini tidak lain untuk terus melengkapi fasilitas pendidikan di Kota Batam. Penambahan unit sekolah baru ini diharapkan bisa menyelesaikan polemik daya tampung sekolah yang terus terjadi setiap tahunnya.

"Alhamdulillah ada empat unit sekolah baru yang dibangun tahun ini. Tahun depan sudah bisa terima siswa baru," kata Kasdianto, Selasa (1/8/2023).

Pembangunan empat unit sekolah baru ini akan segera dimulai dan target tahun ajaran baru nanti sudah bisa menerima siswa angkatan pertama. "Untuk SLB itu lokasinya di fasum perumahan. Ada perumahan di Batuaji yang hibahkan lahannya untuk SLB. Akan segera dibangun itu. Begitu juga SMAN 29, 30 dan SMKN 10 di Nongsa," kata Kasdianto.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sebelumnya sudah menyampaikan rencana penambahan unit sekolah baru di Kota Batam. Penambahan uni sekolah baru ini juga masuk dalam sederetan program pembangunan ataupun pengadaan pendidikan di tahun 2023 ini.

"Akan terus kita lengkapi secara bertahap biar tak ada lagi polemik daya tampung ke depannya," ujar Ansar Ahmad.

Editor: Gokli