Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDI Perjuangan Serahkan Berkas Verifikasi ke KPU Tanjungpinang
Oleh : ah/dd
Jum'at | 07-09-2012 | 08:31 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang menyerahkan berkas untuk verifikasi partai berikut kartu tanda anggota (KTA) pengurus ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Kamis (6/9/2012) kemarin, sekitar pukul 15.30 WIB. 


Berkas diserahkan Ketua DPC PDI Perjuangan Suparno bersama belasan pengurus inti DPC dan diterima oleh Ketua KPU Hamid Ali yang didampingi Ketua Pokja Pencalonan Hendro Priyanto serta sejumlah Anggota Komisioner KPU lainnya.

Menurut Suparno, sesuai peraturan baru, sebagai salah satu syarat mengikuti verifikasi partai calon peserta Pemilu, partainya harus melaporkan surat kepengurusan partai, domisili kantor dan kartu tanda anggota (KTA) sebanyak 1/ 1000 dari total jumlah penduduk, serta bahan kelengkapan administrasi lainnya ke KPU. “Yang jelas persyaratan pendaftaran sudah kami siapkan semua. Kartu tanda anggota yang kami serahkan berjumlah 230,” kata dia.

Penyerahan berkas administrasi dan KTA ini, ia melanjutkan, juga sesuai petunjuk teknis dari Dewan Pimpian Pusat agar seluruh kadernya di seluruh Indonesia serentak menyerahkan berkas sebagai peserta pemilu sebelum batas masa penyerahan 7 September 2012.

Ketua KPU Hamid Ali menjelaskan, penyerahan berkas administrasi dan kartu tanda anggota partai sebagai verifikasi terhadap keberadaan partai. Pasalnya, Mahkamah Konstitusi (MK) mengharuskan parpol yang ada di parlemen saat ini mendaftar ulang ke lembaga pemilu seperti KPU untuk diverifikasi ulang. 

Ali menegaskan bahwa pihaknya hanya memverifikasi persyaratan yang dikirim KPU Pusat setelah partai tersebut mendaftar di Pemilu 2014. “Dan yang harus dilakukan sekarang oleh pengurus parpol di daerah yaitu menyerahkan KTA ke KPU sebanyak 1/1.000 per kabupaten/kota,” terangnya.

Setelah penyerahan berkas ke KPU, Suparno melanjutkan, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi mulai dari tingkat DPC, PAC sampai ke basis pendukung yang paling bawah. “Ini sangat penting untuk memenangkan Pemilu tahun 2014 mendatang termasuk pemenangan pemilukada Tanjungpinang 31 Oktober,” ujar Ketua DPRD Kota Tanjungpinang tersebut.