Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mas Menteri Salahkan Muhadjir Effendi soal Kebijakan Zonasi PPDB yang Buat Dirinya Kena Getahnya Terus
Oleh : Redaksi
Minggu | 30-07-2023 | 10:32 WIB
nadiem_makarim_b2.jpg Honda-Batam
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengaku tiap tahun kena getah kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB.

Dikatakan, kebijakan sistem zonasi PPDB bukanlah kebijakannya, melainkan kebijakan Mendikbudristek sebelumnya, yakni Muhadjir Effendy yang kini menjadi Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manudia dan Kebudayaan (PMK).

Nadiem pun mengakui bahwa kebijakan ini tentu membuatnya repot. Namun, ia merasa sistem zonasi PPDB penting sehingga perlu dilanjutkan.

"Itu zonasi, kebijakan zonasi itu bukan kebijakan saya, kebijakan sebelumnya. Kebijakan Pak Muhadjir," kata Nadiem Makarim di pagelaran Belajaraya 2023, Pos Bloc, Jakarta Pusat, Sabtu (30/7/2023).

"Tetapi itu kita sebagai satu tim merasa ini adalah suatu kebijakan penting yang pasti akan merepotkan saya. Saya kena getahnya, setiap tahun karena zonasi. Tetapi Saya merasa ini harus dilanjutkan karena penting," ungkap Nadiem.

Nadiem mengatakan apabila sistem zonasi ini tidak diberlakukan, kesenjangan pendidikan tidak akan teratasi. Dikatakan akan banyak siswa tidak mampu yang harus masuk ke sekolah swasta.

"Kalau kita tidak melakukan sistem zonasi ini dan tetap komit. Itu sudah pasti kesenjangan tidak tertutup. Pasti ya sudah, anak-anak yang tidak mampu harus selalu membayar sekolah swasta," ujarnya.

Nadiem mengatakan ada kebijakan sebelumnya yang dilanjutkan. Namun, menjelang akhir masa jabatannya sebagai mendikbudristek, Nadiem mengakui bakal melakukan banyak perubahan.

Bahkan, Nadiem menyebut akan memecahkan rekor karena banyak kebijakan yang akan berubah.

Anies Baswedan Sebut Jumlah Bangku Sekolah Jadi Akar Kisruh Masalah PPDB 2023

Ia juga bercerita bahkan dari kalangan guru-guru kerap ikut protes karena perubahan kebijakan yang begitu cepat.

"Mas menteri, ini kok cepet banget perubahannya? Stop dulu Mas Menteri, biar kita bisa cerna yang ini dulu," katanya.

Sumber: Beritasatu

Editor: Surya