Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekretariat Parlemen Thailand Studi Banding ke DPR
Oleh : si
Kamis | 06-09-2012 | 19:07 WIB

JAKARTA, batamtoday - Sekretariat Parlemen Kerajaan Thailand melakukan studi banding ke DPR RI dalam rangka mengetahui lebih jauh mengenai sistem Parlemen di Indonesia. Kedatangan mereka diterima Sekretariat Jenderal DPR RI.



“Indonesia telah menerapkan demokratisasi di segala bidang termasuk di parlemennya. Kita di-kesetjenan tentu siap berbagi pengalaman dengan setjen negara lain, termasuk Thailand ini,” kata Johnson Rajagukguk, Deputi Bidang Perundang-undangan Setjen DPR RI  di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9/12).

Sementara itu, Ketua Tim Studi Banding Sekretariat Parlemen Kerajaan Thailand, Orawan Punprueng menyebut Indonesia adalah negara demokrasi besar yang patut dipelajari. “Indonesia adalah negara demokrasi besar, kita tertarik mengetahui lebih jauh bagaimana proses melayani kegiatan keparlemenan disini,” ujarnya.

Ia bersama 16 orang anggota delegasi menyampaikan apresiasi karena telah mendapat sambutan yang baik dalam kunjungan ke Setjen DPR. Kerjasama ini menurutnya diharapkan dapat mendukung upaya bersama dalam mewujudkan Asean Community.

Studi Banding di Setjen DPR akan berlangsung selama 2 hari, 6-7 September. Mereka akan mempelajari proses legislagasi termasuk bagaimana Deputi Bidang Perundang-undangan mendukung anggota dewan dalam persiapan dan pembahasan RUU.

Sekretariat Parlemen Kerajaan Thailand juga akan mendapat penjelasan mengenai jenis-jenis rapat, pengaturan komisi di DPR, proses dokumentasi serta upaya yang dapat dilakukan dalam mendukung kerjasama antar parlemen.