Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MAPA Umumkan Kinerja yang Solid untuk Semester Pertama 2023
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-07-2023 | 09:08 WIB
8888_mapa-umumkan_8888.jpg Honda-Batam
MAPA Umumkan Kinerja yang Solid untuk Semester Pertama 2023. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Map AkGf Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids, dan leisure, hari ini mengumumkan pencapaian kinerja Q2 dan H1 2023, yang berakhir pada 30 Juni 2023.

Pada Q2'23, MAPA mencatat pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 36,6% menjadi Rp3,2 triliun dibandingkan dengan Rp2,4 triliun pada tahun sebelumnya. Selain itu, margin laba kotor (GPM) mengalami peningkatan, mencapai 49,2% dibandingkan dengan 48,6% pada periode yang sama
tahun lalu.

Laba usaha meningkat sebesar 29,9% menjadi Rp527 miliar dari Rp406 miliar. EBITDA tumbuh 28,2% menjadi Rp720 miliar dari Rp561 miliar, dan laba bersih melonjak menjadi Rp386 miliar dari Rp307 miliar. Untuk kinerja semester pertama 2023, pendapatan bersih mengalami pertumbuhan yang solid sebesar 39,1%, mencapai Rp6,0 triliun dibandingkan dengan Rp4,3 triliun pada tahun sebelumnya.

GPM meningkat menjadi 49,2% dibandingkan dengan 47,2% pada periode yang sama. Laba usaha naik 40,2% menjadi Rp894 miliar dari Rp638 miliar. EBITDA mencapai Rp1,3 triliun, dari Rp948 miliar yang tercatat pada tahun 2022. Selain itu, laba bersih melonjak sebesar 38,7% menjadi Rp663 miliar dari Rp478 miliar.

RaGh D. Gianda, VP Investor RelaGons, Corporate CommunicaGons, and Sustainability MAP Group menyatakan, Sepanjang semester pertama tahun ini, MAPA secara konsisten mencatat hasil yang posiGf, didukung oleh penghapusan pembatasan Covid-19 dan penjualan yang baik pada saat Lebaran.

"Momentum posiGf tersebut berlanjut pada bulan Juni, terutama selama masa liburan sekolah. Hal ini menunjukkan daya beli pelanggan yang konsisten serta bertambahnya permintaan terhadap produk dan layanan kami, sehingga mendukung kinerja Perusahaan," papar RaGh D. Gianda dalam siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Rabu (26/7/2023).

Pada bulan Juni, MAPA menjalin kemitraan strategis dengan Frasers Group, melalui Sports Direct Malaysia untuk memperkenalkan Sports Direct di Indonesia. Kemitraan ini merupakan momen penGng bagi MAPA, memberikan peluang untuk memperluas kehadiran Perusahaan di sektor ritel olahraga dengan menawarkan brand Sports Direct kepada para pelanggan Indonesia.

Kolaborasi ini menggabungkan kekuatan dan keahlian unik dari kedua enGtas, membuka peluang pertumbuhan baru dan memperkaya pengalaman pelanggan secara menyeluruh. Pladorm omni-channel MAPA merupakan komponen kunci dari visi strategis Perusahaan. Pladorm terintegrasi MAPA, yang mencakup berbagai kanal distribusi seperG mal, kanal online, dan marketplace, secara khusus dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus berkembang dari pelanggan kapan pun dan di mana pun.

Dengan terus mengadopsi kemajuan teknologi dan solusi inovaGf untuk memberikan pengalaman belanja yang seamless, MAPA yakin akan mengopGmalkan seluruh potensinya dan menciptakan nilai jangka panjang.

Selain itu, RaGh juga menekankan bahwa kesuksesan MAPA didukung oleh kolaborasi yang kuat dengan mitra brand pilihan, yang menjadi dasar dari kinerja bisnis Perusahaan. Dengan strategi integrasi kanal online dan offline, serta memanfaatkan data dari MAPCLUB, MAPA akan mampu mengopGmalkan pertumbuhan penjualan, menargetkan pelanggan secara efekGf, dan memberikan pengalaman belanja yang dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Editor: Gokli