Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengutamakan Pelanggan dengan Hati, Membangun Reputasi Rumah Makan
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-07-2023 | 08:04 WIB
555_aqua-rumah-makan-666.jpg Honda-Batam
Dr Aqua Dwipayana bersama pemilik resto Bidadari 2 Negara, Jembrana, Hasib Sucipto menikmati makanan ya semuanya enak di resto tersebut. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Jembrana - Mengutamakan layanan pelanggan yang baik akan membantu membangun reputasi positif bagi rumah makan, menarik pelanggan setia, dan meningkatkan kesempatan untuk berkembang di pasar makanan yang kompetitif. Oleh karena itu, menyambut dan melayani semua tamu di rumah makan dengan sepenuh hati adalah sikap yang sangat baik dan penting dalam industri pelayanan makanan.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengatakan hal itu menjelang menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Dengan Sepenuh Hati Melayani Semua Tamu di Rumah Makan Bidadari 2 Negara, Jembrana, Bali".

Acaranya yang dihadiri puluhan orang tersebut dilaksanakan pada Senin pagi 24 Juli 2023 pukul 13.00 Wita di ruang VIP Rumah Makan Bidadari 2 Jalan Raya Denpasar Gilimanuk Desa Banyubiru, Kaliakah, Negara, Jembrana, Bali.

Pada Minggu malam 23 Juli 2023 seusai menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada ratusan peserta dari kalangan dekan, pembantu dekan, dan ketua prodi Fakultas Perikanan dan Kelautan se-Indonesia di Auditorium Harjono Danoesastro, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Jalan Flora Bulaksumur, Yogyakarta, Dr Aqua Dwipayana naik kereta api dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Banyuwangi. Begitu tiba di Kota Gandrung itu melalui Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Bali.

Berikut adalah beberapa tips untuk dapat melayani semua tamu dengan sepenuh hati sebagaimana diuraikan Dr Aqua Dwipayana.

Sambutlah tamu dengan ramah. Ketika tamu memasuki rumah makan, sambut mereka dengan senyum dan salam yang hangat. Tunjukkan bahwa Anda senang mereka datang.

"Saat tamu memesan makanan atau memiliki pertanyaan, simak dengan baik dan perhatikan kebutuhan mereka. Jika ada permintaan khusus, cobalah untuk memenuhinya sebisa mungkin," ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu melanjutkan tips lainnya yakni memberikan rekomendasi dengan bijaksana. Jika tamu kesulitan memilih makanan, berikan rekomendasi berdasarkan menu dan preferensi mereka. Pastikan Anda memahami menu dengan baik untuk memberikan saran yang tepat.

"Selanjutnya, jaga keramahan selama pelayanan. Saat melayani tamu, berinteraksi dengan ramah dan jaga keramahan. Jangan ragu untuk bertanya apakah mereka membutuhkan sesuatu atau apakah semuanya baik-baik saja," kata Dr Aqua Dwipayana.

Juga, pastikan kualitas makanan dan minuman. Kualitas makanan dan minuman adalah kunci untuk mendapatkan kepuasan tamu. Pastikan makanan disajikan dengan baik, rasa sesuai dengan harapan, dan minuman selalu diisi saat kosong.

Sangat Tepat

Pemilik Rumah Makan Bidadari 2 Hasib Sucipto menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua Dwipayana yang di tengah kesibukannya menyempatkan waktu ke Negara untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Kehadiran motivator kawakan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja di rumah makan tersebut.

Selama ini setiap hari, Cipto panggilan akrab Hasib Sucipto selalu mengikuti aktivitas Dr Aqua Dwipayana. Sehingga dia tahu persis kegiatan pembicara laris itu yang sangat padat, baik untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi maupun silaturahim.

Selama puluhan tahun Dr Aqua Dwipayana intens melaksanakan silaturahim dengan ikhlas. Sedangkan Sharing Komunikasi dan Motivasi dilaksanakannya 18 tahun terakhir baik di seluruh Indonesia maupun di mancanegara.

"Kehadiran Pak Aqua Dwipayana memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para karyawan saya merupakan rezeki dan berkah buat kami. Apalagi pelaksanaan di tengah jadwal beliau yang sangat padat," kata Cipto.

Bapak tiga anak dan kakek satu cucu itu melanjutkan, pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rumah Makan Bidadari 2 saat ini sangat tepat karena baru saja selesai liburan sekolah. Tamu yang datang berkurang sehingga para karyawan bisa mengikuti acara motivasi dari Dr Aqua Dwipayana.

Konsisten Lakukan Budaya 5S

Semua karyawan, lanjut Dr Aqua Dwipayana lebih jauh, agar bersama-sama konsisten melakukan budaya 5S. Jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan rutin dalam upaya memberikan layanan prima kepada semua tamu.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu menguraikan tentang budaya 5S yakni senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan rutin dalam upaya memberikan layanan prima kepada semua tamu. Berikut uraiannya.

Senyum
Senyum merupakan ibadah, biasanya seseorang tersenyum karena mereka sedang bahagia, senang gembira suka dan sebagainya. Senyuman menambah manisnya wajah, senyuman dapat melumpuhkan musuh, menyembuhkan penyakit , perekat tali persaudaraan dan biasa jadi sarana tercapainya perdamaian.

Salam
Dalam Islam diajarkan salam berupa "Assalamua'laikum warahmatullahi Wabarokatuh" yang artinya salam sejahtera, rahmat Allah dan berkatNya atas kamu. Salam juga merupakan bentuk pernyataan hormat. Jika seseorang memberi salam kepada orang lain berarti seorang itu bersikap hormat kepada orang yang dia beri salam.

Sapa
Menyapa identik dengan menegur, menyapa bisa berarti mengajak seorang untuk bercakap-cakap. menyapa bisa memudahkan siapa saja untuk bisa lebih akrab, saling kontak, dan berkomunikasi. misalnya saja dengan memanggil nama atau dengan sapaan-sapaan lainnya.

Sopan
Sopan adalah perilaku yang menjunjung tinggi niai-nilai menghormati, menghargai tidak sombong, dan berakhlak mulia. perwujudan sikap sopan dalam budaya Jawa yaitu dengan menggunakan bahasa yang sopan (menggunakan bahasa Krama ketika berbicara dengan yang lebih tua), dan tidak memiliki sifat yang sombong.

Santun
Santun memiliki pengertian halus dan baik (tingkah lakunya). seseorang yang memiliki sikap santun akan mementingkan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. inti dari sikap santun adalah berperilaku sesuai aturan dan tataran norma yang ada.

Tentang Rumah Makan Bidadari 2

Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di Negara Jembrana Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl Raya Denpasar Gilimanuk Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Rumah makan ini ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Jika masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di Negara Jembrana Bali tamu disarankan mencari dengan mengetik Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di Negara Jembrana Bali di search google maps. Di Google maps sudah tertandai di mana lokasi yang dicari tersebut.

Rumah makan Bidadari 2 memiliki luas lahan 70 are yang terletak di pinggir jalan utama. Dengan fasilitas 80 kamar mandi, kursi dengan tempat duduk yang dapat menampung 500 orang juga terdapat taman di belakang dengan kapasitas 100 orang. Makanan yang tersedia merupakan masakan Jawa siap saji atau prasmanan. Sehari rata-rata tamunya saat hari kerja 250 orang. Sedangkan hari libur bisa sampai 1.500 orang.

Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di memiliki daya tarik tersendiri yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika Anda berada di Jembrana tidak mengunjungi Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di Negara Jembrana, Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 ini sangatlah baik bagi Anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi Wisata Kuliner ini.

Ketika ke Bali, adalah hal yang tepat selain mencari objek wisata yang memikat hati dan keluarga juga sekalian mencari makanan dan tempat makan favorit yang enak, eksotis, lezat dan juga nyaman di kantong tentunya. Anda bisa mencoba mampir di Rumah Makan Bidadari 2 yang menyajikan aneka makana kesukaan pengunjung, khususnya makanan khas Jawa.

Rumah makan ini menyediakan aneka menu masakan yang bisa dicicipi dengan seksama. Beberapa menu andalan rumah makan ini seperti sop buntut, nasi rawon, dan dendeng sapi. Selain itu, ada menu yang lainnya yang tak kalah asoinya seperti rendang sapi, ati sapi, ayam goreng, pindang bumbu, telur Bali, dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya.

Selain kelengkapan menunya yang menjadi prioritas rumah makan ini, sejumlah fasilitas yang disediakan begitu memanjakan pengunjungnya seperti ruang makan VIP + prasmanan yang dilengkapi dengan AC, musholla, kamar mandi, minimarket, rent car, ruang parkir yang cukup luas, serta jam buka yang 24 jam sehingga rumah makan ini sangat fleksibel untuk Anda datangi jam berapapun itu.

Rumah Makan Bidadari 2 sangat ramai dikunjungi pada saat liburan sekolah, karena banyak rombongan dari sekolah di Jawa yang berlibur di Bali dan mampir untuk makan di rumah makan ini. Maka dari itu Rumah Makan Bidadari 2 bisa melayani rombongan bus atau travel (rombongan).

Fasilitas dan pendukungan lainnya antara lain area parkir kendaraan yang luas, musala, minimarket, ruang makan VIP, kamar mandi/MCK, tempat istirahat, dan masih banyak lainnya.

Sarana transportasi yang bisa dipakai adalah dengan memakai kendaraan pribadi mobil atau motor. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di Negara, Jembrana, Bali di google maps yang terpasang di smartphone Anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum. Akan tetapi jika Anda memakai kendaraan umum seperti bus umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar. Anda bisa berhenti di terminal bus kota Negara. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju lokasi Wisata Kuliner Rumah Makan Bidadari 2 di Negara tersebut.

Editor: Saibansah