Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ingin Menang Persaingan Bisnis? Pelayanan dari Hati adalah Nilai Tambah yang Dampaknya Sangat Strategis
Oleh : Redaksi
Minggu | 23-07-2023 | 11:32 WIB
A-JEMBER-JEMBER.jpg Honda-Batam
Flayer Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Melayani Semua Tamu dengan Sepenuh Hati” di Buick Meeting Room Mezzanin Floor, Hotel Dafam Fortuna Jember Jalan Karimata 43 Jember, Jawa Timur. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Jember - Pelayanan yang baik adalah inti dalam industri pariwisata. Merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya tarik destinasi. Apalagi selama ini memberikan kontribusi besar pada sektor ekonomi di Indonesia.

Kualitas pelayanan yang baik tercermin dari bagaimana industri perhotelan sebagai bagian dari sektor pariwisata mewujudkan hal ini pada manajemen pelayanannya. Harus terus didorong untuk mewujudkannya.

"Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat dalam industri pariwisata, pelayanan hotel yang sepenuh hati telah menjadi nilai tambah yang tak ternilai bagi para tamu. Ketulusan dalam melayani dan perhatian terhadap kebutuhan individu, dapat menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi wisatawan, yang pada akhirnya memajukan pariwisata Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi," demikian disampaikan pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk 'Melayani Semua Tamu dengan Sepenuh Hati' di Buick Meeting Room Mezzanin Floor, Hotel Dafam Fortuna Jember Jalan Karimata 43 Jember, Jawa Timur.

Sharing yang disampaikan oleh doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut diarahkan kepada para peserta dari kalangan general manager, head of department, dan supervisor.

Bicara di lingkungan industri perhotelan sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh Dr Aqua Dwipayana. Sebelumnya, pria santun yang hobi silaturahim ini telah berkeliling kota-kota besar di Nusantara untuk menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai hotel berbintang dari kelompok hotel terkemuka.

"Filosofi utama melayani tamu dengan sepenuh hati seolah-olah tamu adalah anggota keluarga yang wajib dihormati. Seluruh karyawan hotel harus dilatih dan diingatkan untuk selalu menyambut tamu dengan senyum tulus dan memberikan layanan yang ramah. Setiap tamu adalah cerminan dari kebaikan manajemen hotel dan terus membuat kunjungan tamu menjadi kenangan yang indah," ujar Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Pendekatan melayani tamu dengan sepenuh hati akan membawa manfaat yang luar biasa. Para tamu merasa diperhatikan dan dihargai, dan mereka sering memberikan ulasan positif tentang pengalaman mereka di situs-situs review perjalanan. Hal ini membantu meningkatkan reputasi hotel sehingga menarik lebih banyak tamu dan menciptakan kesetiaan pelanggan.

Lebih jauh, Dr Aqua Dwipayana menegaskan, salah satu elemen kunci dari filosofi pelayanan adalah menyimak dengan seksama. Semua pegawai hotel harus selalu menyediakan waktu untuk mengetahui kebutuhan, harapan, dan permintaan khusus tamu. "Dengan berkomunikasi secara efektif, setiap hotel dapat memberikan pelayanan yang disesuaikan dan memastikan bahwa pengalaman setiap tamu menjadi tak terlupakan," kata Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Tidak hanya berfokus pada aspek formal, hotel juga harus mementingkan interaksi personal dengan para tamu. Setiap karyawan perlu berusaha untuk mengenali para tamu secara pribadi, mengingat preferensi dan cerita mereka, sehingga mereka dapat memberikan sentuhan personal dalam melayani setiap tamu. "Hal ini menciptakan ikatan emosional dan hubungan jangka panjang antara karyawan hotel dan para tamu," ungkap penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim ini.

Mengenai Hotel Dafam Fortuna Jember

Hotel Dafam Fortuna Jember terletak di jantung perkotaan Jember, dengan konsep pameran nilai artistik gaya muda dan modern namun dipadukan dengan tema retro industrial. Hanya 20 menit berkendara dari Bandara Notohadinegoro dan 10 menit dari stasiun kereta api Jember dan berada di kawasan kawasan bisnis.

Hotel Dafam Fortuna Jember memiliki 121 kamar dari kamar Standard, Deluxe, Family dan Executive; beberapa ruang pertemuan, kolam renang luar ruangan, dan bistro dan lounge Ukafe dengan harga terjangkau untuk dinikmati. Desain yang memicu keingintahuan orang dan konsep kreativitas batin memfasilitasi layanan perhotelan artistik.

Nilai-nilai

- Doa dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Asas kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.
- Formulasi tata kelola perusahaan yang baik.
- Amanah menjalankan pekerjaan secara jujur, profesional, dan sepenuh hati.
- Manfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Visi

Menjadi operator hotel terpercaya di Indonesia dengan mengedepankan pelayanan terbaik dan inovasi berkelanjutan.

Misi

Memastikan kepuasan pelanggan dengan pelayanan terbaik
- Menyediakan lingkungan kerja terbaik dan kesempatan karir yang luas kepada karyawan
- Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan; penanam modal, mitra kerja, dan pemasok
- Melakukan inovasi berkelanjutan dan menambah nilai terhadap produk dan pelayanan)

Prestasi

- The Best Learning & Developtment Dafam Hotels Management 2019.
- Big 5 Gop Achievement 2019 Dafam Hotels Management.
- 2nd Vocal Academy Dafam Idols 2019 --Dafam Cup 2019.

- 3rd Table Tenis Dafam Cup 2019.
- The Best Wajib Pajak Kategori Hotel, Jember Tax Award 2022.
- The Best Hotel Tematic Creativities Decoration Fasting Month 2023 Dafam Hotel Management.

Editor: Dardani