Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

'Peran Pendidik dan Orang Tua dalam Perlindungan Anak di Era Digital'

STIT Internasional Muhammadiyah Batam Gelar Seminar Nasional, Hadirkan KPAI dan Wagub Marlin Agustina
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 23-07-2023 | 10:32 WIB
A-MUH-BATAM.jpg Honda-Batam
Hj Marlin Agustina foto bersama dengan para peserta seminar nasional bertema

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Internasional Muhammadiyah Batam prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menggelar seminar nasional bertema "Peran Pendidik dan Orang Tua dalam Perlindungan Anak di Era Digital" Sabtu, (22/7/2023).

Ketua STIT Internasional Muhammadiyah Batam Arifuddin Jalil mengucapkan terima kasih atas kedatangan narasumber dan keynote speaker yang hadir.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bang Jasra Putra, Wakil Ketua KPAI dan Ibu Hj. Marlin Agustina, Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang meluangkan waktunya untuk memberikan pencerahan kepada kami, semoga silaturahim ini terus terjalin erat kedepannya dengan berbagai kerjasama antara kampus kami dengan KPAI dan Pemerintah Provinsi Kepri juga Pemerintah Kota Batam lewat program Bunda PAUD dan Bunda TPQ," ungkap Arifuddin Jalil.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau dan Bunda PAUD Kota Batam Hj. Marlin Agustina hadir menjadi Keynote Speaker. Dalam materinya, Marlin mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh prodi PIAUD STIT Internasional Muhammadiyah Batam, berharap kegiatan serupa dapat terus terlaksana dan beberapa program serta kegiatan dapat dikolaborasikan.

"Kami mengapresiasi kegiatan positif yang diadakan oleh Kampus STIT Internasional Muhammadiyah Batam ini, tentu pemerintah tidak bisa menyelesaikan sendiri persoalan yang timbul di era digital ini, butuh kerjasama semua pihak termasuk teman-teman dari perguruan tinggi, ormas perempuan seperti Aisyiyah dan tentu semua stakeholder masyarakat Batam. Kami berharap kegiatan positif seperti ini utamanya tentang persoalan anak di era digital dapat terus terlaksana agar masyarakat kita dapat pemahaman yang benar tentang cara mendidik anak di era digital," kata Malin Agustina, bunda PAUD Kota Batam

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra dalam materinya menyampaikan banyak data tentang bahaya gawai terhadap tumbuh kembang anak.

"Banyak kasus yang kami temukan tentang anak yang kecanduan gawai di beberapa rumah sakit jiwa, kami berharap orang tua dapat mengontrol penuh penggunaan gawai. Pengasuhan anak jangan dititipkan kepada Youtube, Tiktok atau produk-produk internet lainnya karena mereka tidak bertanggungjawab jika terjadi apa-apa," ungkap Jasra.

Jasra menambahkan, kejahatan di internet semakin marak karena tidak ada kontrol orang tua terhadap gawai yang dipakai anak. "Anak harus diajak dialog dan disampaikan bahwa dunia internet itu ada positif dan negatifnya, nasehati dan buat aturan yang tegas agar anak tidak menghabiskan waktu dengan gawai, kasi batasan waktu agar anak produktif dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya," tutup Jasra Putra, Wakil Ketua KPAI RI

Turut hadir menjadi peserta pada kegiatan tersebut selain mahasiswa prodi PIAUD STIT Internasional Muhammadiyah juga Guru dan Kepala TK, SD, SMP, SMA dan SMK Muhammadiyah se-Kota Batam.

Editor: Dardani