Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meneropong Potensi Elektabilitas GP yang Masih Terus Meroket
Oleh : Opini
Senin | 17-07-2023 | 08:24 WIB
A-ilustrasi-PEMILU_jpg21513.jpg Honda-Batam
Ilustrasi Pemilu damai 2024. (Foto: Ist)

Oleh Daria Ganeeta

NILAI elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo ternyata masih saja berpotensi besar untuk terus meroket dan mengalami peningkatan yang signifikan. Meski sejauh ini dirinya juga terus berada pada puncak dalam setiap hasil survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga, namun ternyata angka itu masih saja terus bisa meningkat.

 

Seluruh Partai Politik (Parpol) pendukung Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo dalam pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang terus meyakini bahwa angka elektoral yang dimiliki oleh pemimpin yang identik dengan rambut putih tersebut masih bisa saja jauh lebih tinggi lagi daripada titik saat ini.

Maka dari itu, memang setidaknya kurang lebih selama waktu sekitar 7 (tujuh) bulan sebelum Pilpres 2024 benar-benar digelar, akan menjasi waktu-waktu yang memang sangatlah menentukan dalam upaya untuk terus meraih sebanyak mungkin dukungan dari seluruh masyarakat di Tanah Air.

Mengenai optimisme kuat yang dimiliki oleh semua Parpol pendukung Ganjar Pranowo tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi menjelaskan bahwa sejauh ini memang seluruh hasil survei terbaru mengenai bagaimana elektabilitas yang dimiliki oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu terbilang sudah cukup tinggi.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung memang di banyak survei, nama pemimpin berusia 54 tahun tersebut berhasil terus bertahan di posisi puncak dan tertinggi apabila dibandingkan dengan nama kandidat lain yang turut berkompetisi dalam Pemilihan Presiden 2024.

Tentunya, kemudian seluruh hasil data dari survei yang sangat saintifik dan telah melalui serangkaian proses pengolahan tersebut terus diperhatikan oleh semua Partai Politik pengusung dan pendukung Ganjar Pranowo untuk terus dimaksimalkan lagi. Setidaknya masih terdapat waktu, yakni kurang lebih sekitar 7 (tujuh) bulan untk bisa terus berupaya semaksimal mungkin meningkatkan angka elektoral yang dimiliki oleh kader PDI Perjuangan itu.

Kemudian, tidak bisa dipungkiri pula bahwa salah satu faktor kuat untuk bisa semakin mendongkrak dan meningkatkan elektabilitas dari Calon Presiden yang diusung oleh partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut adalah bagaimana sosok atau figur dari seorang bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya kelak.

Banyak pihak memiliki harapan yang sangat besar agar nantinya pemilihan sosok calon wakil presiden (Cawapres) untuk pendamping Ganjar Pranowo bisa benar-benar memberikan efek bagi angka elektoralnya di kontestasi politik 2024 mendatang.

Sebelumnya, Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan, Ahmad Basaran sendiri menilai bahwa sosok dari Gubernur Jawa Tengah itu merupakan Capres terbaik untuk bisa meneruskan seluruh program dan visi misi yang dimiliki oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

Bagaimana tidak, pasalnya Ganjar Pranowo sendiri merupakan sosok yang sangat sederhana dan juga dirinya berasal dari rakyat biasa, bukan dari kalangan elite sebelumnya, sehingga tentu sangat mirip dengan bagaimana perjuangan serta rekam jejak dari Presiden Jokowi.

Di sisi lain, terdapat sebuah data yang menunjukkan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), mereka menyebutkan bahwa terdapat sebanyak 74% (persen) masyarakat yang terus meyakini bahwa Kepala Negara sendiri akan terus memberikan dukungan penuhnya kepada penerusnya, yakni Ganjar Pranowo untuk terus masju pada Pilpres 2024.

Dukungan yang diberikan oleh Presiden Jokowi tersebut tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena beliau memang berasal dari rumah yang sama, berasal dari partai politik yang sama, memiliki latar belakang yang sama dan juga banyak kemiripan antara kedua pemimpin ini.

Terkait dengan adanya data hasil survei terbaru tersebut, Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam menambahkan bahwa terdapat sekitar 56,2% (persen) dari masyarakat yang memang sangat menginginkan agar para pemimpin di masa mendatang, yakni Capres dan Cawapres mampu untuk terus mengusung semangat akan keberlanjutan.

Tentunya, ketika memang mayoritas masyarakat menginginkan agar adanya keberlanjutan untuk kepemimpinan bangsa Indonesia di masa depan, maka sosok yang paling mendekati dan paling memungkinkan dalam membawa upaya keberlanjutan tersebut adalah tidak lain dan tidak bukan, merupakan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Direktur PoliEco Digital Insight Institute, Anthony Leong juga menyatakan bahwa sosok Gubernur Jawa Tengah itu sejauh ini selalu berhasil mencatatkan angka dan tingkat elektabilitas paling tinggi bahkan di berbagai survei yang dilakukan oleh banyak lembaga.

Meski sudah secara konsisten mempertahankan posisi puncaknya di berbagai lembaga survei, yakni dengan mencatatkan angka elektoral paling tinggi, namun ternyata elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo sendiri masih sangat berpotensi besar untuk mengalami peningkatan secara signifikan.*

Kontributor Gabungan Aksi Ganjar Pranowo Menang (Gagasan)