Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disiplin PNS Karimun Dipertanyakan
Oleh : khn/dd
Rabu | 05-09-2012 | 10:17 WIB
pns_main_poker.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

KARIMUN, batamtoday - Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Karimun sudah diambang kritis. Lemahnya pengawasan Inspektorat Daerah Karimun, menjadi sarana bagi para PNS untuk memanfaatkan kerja mereka sebagai ajang menyia-nyiakan waktu di luar kantor.


Pantauan batamtoday, Selasa (4/9/2012) kemarin di Dinas Pertamanan, Kebersihan dan Pemakaman Pemkab Karimun, hanya 1 orang staf saja yang ada di dinas tersebut. Sehingga dirinya menganggap sebagai 'penjaga gawang' di Dinas itu.

"Kalau saya kerjanya pagi, keliling Karimun membawa pick-up sampah. Kalau ada sampah yang numpuk, kami angkat," terangnya sembari jemarinya memainkan keyboard komputer dan membuka situs jejaring sosial.

Pria yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengaku sedih terhadap prilaku PNS yang ada di institusinya itu. Sebab menurutnya, negara telah mengeluarkan anggaran yang cukup besar bagi mereka. Namun tetap saja disiplin dan kinerjanya masih belum maksimal.

"Jika keluhan masyarakat banyak Pak, tapi kalau di kantor gak ada orang, terus bagaimana keluhan itu bisa ditanggapi," terangnya.

Kondisi serupa juga didapati di berbagai dinas di Pemkab Karimun ini. Seperti Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan, Kesbang Linmas dan lainnya.

Mirisnya lagi, PNS tersebut dapat kita temui mangkal di kedai kopi, tanpa sedikitpun merasa malu mengenakan pakaian PNS-nya itu. Bahkan jika disapa, pimpinan tidak berada di tempat, yang dijadikan mereka sebagai kambing hitam.

"Biaselah bang, big boss lagi ke luar kota," ujar salah seorang PNS yang mangkal di Kedai Kopi Meral.