Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi I, II dan IV DPRD Batam Bersiap Plesiran ke Luar Negeri
Oleh : ypn/dd
Selasa | 04-09-2012 | 15:47 WIB

BATAM, batamtoday - Komisi I, II dan IV DPRD Kota Batam akan mengikuti jejak Komisi III melakukan perjalanan ke luar negeri setelah mendapat persetujuan dari Gubernur Kepri dan Menteri Dalam Negeri. Negara-negara tujuan mereka antara lain Brunei, Thailand, Kamboja dan Philipina.


Nuryanto, Ketua Komisi I DPRD Batam mengungkapkan, saat ini komisinya sedang menunggu persetujuan dari Gubernur Kepri untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Kami sudah mengajukan permohonan sekitar satu atau dua bulan yang lalu," ujarnya, Selasa (4/9/2012).

Dia mengatakan, Komisi I berencana bepergian ke luar negeri dengan nama kegiatan kunjungan kerja guna melakukan studi banding masalah-masalah hukum dan keamanan ke Thailand dan Philipina.

Menurut dia, Komisi I akan membentuk dua grup kerja dalam kunjungannya ke kedua negara tersebut.

Sementara itu, Yudi Kurnain, Ketua Komisi II DPRD Batam mengatakan, pihaknya juga masih menunggu persetujuan untuk melakukan kegiatan yang sama.

"Rencananya memang ada. Permohonannya sudah diajukan," kata dia.

Dijelaskannya, Komisi II juga sudah mengajukan permohonan untuk melakukan perjalanan ke Thailand dan Kamboja guna studi banding soal kepariwisataan.

Saat ini Komisi II, katanya, tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri dan akan berangkat setelah mendapat persetujuan itu.

Begitu pun dengan Komisi IV DPRD Batam. Meskipun Riki Syolihin, Ketua Komisi IV awalnya membantah adanya rencana kunjungan kerja ke luar negeri dengan dalih birokrasi yang berbelit, namun belakangan dia mengatakan komisinya tetap berkemungkinan berangkat pada tahun ini karena pembiayaannya sudah dianggarkan.

"Kami sudah berencana ke Brunei, Thailand dan Philipina untuk studi banding masalah ketenagakerjaan," jelasnya.

Pada Mei 2012 lalu, Komisi III DPRD Kota Batam sudah terlebih dulu ke luar negeri, yakni ke Thailand dan Vietnam.

Menurut Sekretaris Komisi III Jefry Simanjuntak, kepergian mereka ke dua negara itu adalah untuk studi banding masalah pengelolaan kawasan industri dan energi listrik.

Marzuki, Sekretaris DPRD Kota Batam mengungkapkan, pada tahun anggaran ini anggaran daerah mengalokasikan dana sebesar Rp2,2 miiar untuk membiayai para anggota DPRD bepergian ke luar negeri.