Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anak Tak Lolos PPDB, Orangtua Ramai Datangi SMKN 1 Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 23-06-2023 | 10:44 WIB
orangtua_padati-smkn-01.jpg Honda-Batam
Ratusan warga Batuaji masih berjuang agar anak mereka bisa sekolah di SMKN I Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Batam di Batuaji padat merayap, Jumat (23/6/2023) pagi. Orangtua calon siswa yang tidak lolos PPDB SMKN 1, berbondong-bondong ke lokasi sekolah meminta kebijakan tambahan agar anak mereka kembali diterima.

Ratusan warga ini mengaku warga Batuaji, sehingga mereka tetap berjuang agar anak mereka bisa sekolah di SMKN I Batam. "Saya di perumahan Puteri Tujuh ini, dekat sama sekolah ini masa anak saya harus sekolah yang jauh. Tolonglah ini dipertimbangkan," ujar Risna, seorang warga yang anaknya tidak lolos.

Pantauan di lapangan, ratusan orangtua ini datang bersama anak mereka dengan membawa berkas dan bukti pendaftaran online sebelumnya. Mereka berkumpul di gerbang sekolah dengan tertib. Aksi warga yang didominasi kaum ibu-ibu ini ditanggapi anggota DPRD Kota Batam Tumbur Hutasoit yang juga dari dapil Batuaji.

Tumbur hadir di lokasi tersebut dan memediasi untuk bertemu dengan pihak sekolah. "Kita upayakan ada komunikasi dengan pihak sekolah ataupun dinas untuk persoalan ini. Semoga ada solusi ke depannya," ujar Tumbur.

Kepala SMKN I Batam Deden Suryana yang menemui warga mengaku akan menyampaikan permintaan warga tersebut ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

"Ini kebijakan dari Dinas. Permintaan bapak ibu tetap kita sampaikan, nanti keputusan dari Dinas dan Pak Gubernur," ujar Deden.

Kepada orangtua calon siwa Deden juga menyarankan untuk kembali mencoba mendaftar ke jalur PPDB online jalur zonasi SMA yang masih dibuka.

Editor: Gokli