Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Mutasi 4 Kapolda
Oleh : si
Senin | 03-09-2012 | 19:59 WIB

JAKARTA, batamtoday - Mabes Polri melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tingginya. Dalam surat telegram rahasia Kapolri, diketahui sejumlah Polda akan mengalami pergantian kepemimpinan.


Berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Kapolri yang diterima, pada 3 September 2012, ada empat Kapolda yang dimutasi antara lain, Bengkulu, Bangka Belitung, Nusa Tenggara barat dan Papua dimutasi.

Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol M Rum Murkal dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri. Pengganti Rum Murkal yang akan memimpin Babel adalah Brigjen Pol Budi Hartono Untung, yang sebelumnya menjadi Direktur Polisi Perairan, Baharkam Polri.

Kapolda Bengkulu Brigjen Burhanudin Andi dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara, Baharkam, Polri. Posisi Burhanudin akan diserahkan kepada Brigjen Albertus Julius Benny Mokalu yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penyiapan Kebijakan Keamanan Laut Bakorkamla.

Berikutnya Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Arif Wachyunadi dimutasi sebagai Staf Ahli Sospol Kapolri. Posisi Arif akan digantikan Brigjen Moch Iriawan yang saat ini menjabat sebagai Dirbinmas Baharkam Polri. Dengan kosongnya jabatan Dirbinmas Baharkam Polri, Kombes Deddy Soeryadi menggantikan M Iriawan. Sebelumnya Deddy adalah Wadir Sabhara Baharkam Polri.

Terakhir Irjen Pol Tito Karnavian, mantan Kepala Densus 88 yang kini menjabat Deputi Penindakan dan Peningkatan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) akan menjadi Kapolda Papua. Tito akan menggantikan Irjen Bigman Lumban Tobing yang digeser menjadi Analis Kebijakan Utama Pembinaan Pendidikan dan Latihan (Bindiklat) Lembaga Pendidikan Polri.

Selain itu, Kapolri juga Irjen Pol Djoko Susilo dari jabatannya sebagai Gubernur Akpol karena menjadi tersangka kasus Simulator di KPK. Posisinya digantikan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anang, sedangkan Djoko Susilo menjadi perwira tinggi nonjob di Mabes Polri. 

Posisi Anang selanjutnya diisi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suhadi Alius. Adapun posisi Wakapolda Metro Jaya akan diisi oleh Karoprovos Mabes Polri Brigjen Sujarno, dan Kombes Endang Sunjaya Sesropos menjadi Karoprovos.