Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng LPK Brilian College, DP3APM Tanjungpinang Gelar Pelatihan Kuliner
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 13-06-2023 | 12:08 WIB
pelatihan-kuliner.jpg Honda-Batam
Pelatihan kuliner bagi perempuan kategori rentan di Kota Tanjungpinang, Senin (12/6/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) bekerja sama dengan LPK Brilian College menggelar pelatihan kuliner bagi perempuan kategori rentan.

Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan sebanyak 15 peserta mengikuti pelatihan yang digelar pada Senin (12/6/2023).

"Sebenarnya ada 60 peserta namun dibagi 4 angkatan, 1 angkatan ada sebanyak 15 peserta," sebutnya.

Menurutnya, setiap angkatan akan berlangsung selama 10 hari dan diperkirakan untuk 4 angkatan tersebut dapat selesai pada pertengahan Agustus 2023 mendatang.

Rustam menambahkan, peserta yang terpilih mengikuti pelatihan ini merupakan hasil seleksi terbuka dari 139 calon peserta yang dilaksanakan beberapa waktu lalu yang meliputi seleksi administrasi dan wawancara.

Ia menyebut, terdapat 3 kriteria yang menjadi pertimbangan dalam seleksi peserta. Pertama, perempuan kepala keluarga, perempuan tulang punggung ekonomi keluarga, dan perempuan korban kekerasan.

Kedua, memiliki pengalaman dalam usaha kuliner. Ketiga, memiliki semangat yang kuat untuk mengembangkan diri.

Lanjutnya, setiap peserta nantinya akan dibimbing oleh para pelatih dalam pembuatan bakery dan roti klasik.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, peserta pelatihan dapat lebih berdaya dan mandiri dalam meningkatkan ekonomi keluarga, serta mampu mengembangkan kewirausahaannya.

"Dan tentunya dapat menularkan ilmunya kepada perempuan perempuan lainnya di sekitarnya untuk terus berkarya," tutupnya.

Editor: Gokli