Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peserta Diklat UMKM Persembahkan Batik Motif Sampan Layar untuk Ketua Dekranasda Bintan
Oleh : Harjo
Rabu | 07-06-2023 | 13:04 WIB
peserta_diklat-umkm-06.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Dekranasda Bintan, Hafizha Ramdhani saat menerima cinderamata batik motif sampan layar dari peserta Diklat UMKM. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Ketua Dekranasda Bintan, Hafizha Rahmadhani dalam meningkatkan keterampilan para pegiat UMKM dan Industri Rumahan semakin terlihat hasilnya.

Salah satunya melalui kerja sama antara DPR RI dan Balai Diklat Padang Sumatera Barat dalam memberikan pendidikan dan pelatihan 3 in1 pembuatan batik tulis bagi pengrajin yang ada di Bintan.

Setidaknya sudah 50 peserta mengikuti Diklat yang dibina langsung oleh koordinator kompeten dalam urusan membatik. Fokus pada pengembangan motif khas daerah, seluruh peserta ternyata mampu melahirkan karya yang luar biasa.

Beragam batik dengan motif yang berkaitan dengan Bintan, mulai dari kerang, siput laut, dugong hingga gasing terpampang rapi di saat acara penutupan di Gedung Dekranasda Bintan, Selasa (6/6/2023).

Bahkan satu hari sebelum penutupan, para peserta dengan kompak membuat batik bermotif sampan layar yang kemudian dihadiahkan kepada Hafizha. Hal ini pula yang lantas membuat Hafizha optimis sentra batik di Bintan bukanlah sekedar angan belaka.

"Alhamdulillah, masih pemula. Mereka mampu dan punya skill ternyata. Dari sini nanti tinggal bagaimana kemampuan dasar ini terus dilatih," harapnya.

Para peserta nantinya akan diberikan sertifikat tanda bukti memiliki kelayakan dan kemampuan dalam membatik. Sebab seluruh peserta mendapat penilaian langsung dari Balai Diklat dan diumumkan bahwa kesemuanya dinyatakan lulus.

Editor: Gokli