Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

China Diterjang Tanah Longsor, 14 Orang Meninggal Dunia
Oleh : Redaksi
Senin | 05-06-2023 | 10:00 WIB
China_Diterjang-Tanah-Longsor-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi evakuasi korban tanah longsor di China. (Foto: Net)

BATAMTODAY.COM, Shanghai - Sedikitnya 14 orang meninggal dunia dan lima lainnya masih hilang setelah tanah longsor menerjang provinsi Sichuan, China Barat Daya pada Minggu (4/6/2023).

Tanah longsor terjadi di pertambangan di dekat perkebunan hutan milik negara di Leshan, distrik Jinkouhe, pada pukul enam pagi waktu setempat.

"Hingga pukul 15.30, jenazah 14 korban telah ditemukan, sementara lima orang masih hilang," kata pernyataan pemerintah setempat, yang dikutip dari AP.

Upaya penyelamatan saat ini masih terus berlangsung. Sebanyak 180 personel penyelamat yang dipersenjatai dengan 14 perangkat penyelamat khusus telah dikerahkan ke daerah tersebut.

Menurut pengakuan dari penduduk setempat, tanah dan puing-puing jatuh dan menimpa bangunan di sekitarnya, termasuk asrama yang menampung personel.

"Tidak banyak penduduk setempat yang bekerja di atas sana; sebagian besar pekerja dan korban berasal dari tempat lain," kata seorang warga desa, seraya menambahkan jalur ke daerah itu kini telah ditutup.

Cuaca ekstrem yang meningkat baru-baru ini diperkirakan telah menjadi faktor penyebab tanah longsor itu terjadi di hutan Sichuan yang rentan mengalami serangkaian bencana alam selama beberapa tahun terakhir.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani