Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebagian Besar Warga Tambelan Belum Bisa Nikmati Internet
Oleh : Harjo
Senin | 01-05-2023 | 11:12 WIB
kunjungan_roby-tambelan-00213.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan dan rombongan disambut antusias oleh warga Tambelan. Kunjungan kerja Roby Kurniawan kali ini dalam rangka halal bil halal dan siratulralrami dengan masyarakat, serta menyerahkan sejumlah bantuan. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Di tengah perkembangan teknologi saat ini, di mana masyarakat dunia sudah bisa mengetahui seluruh informasi melalui internet secara cepat dan update. Bahkan ada istilah melalui adroid dunia bisa digenggam.

Namun hal berbeda dialami oleh warga Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, yang sampai saat ini belum bisa menikmati internet untuk kebutuhan, terutama terkait informasi dan dunia pengetahuan lainnya.

Hal ini diakui oleh Camat Tambelan Baharudin. Ditemui di sela-sela kunjungan Bupati Bintan Roby Kurniawan di Tambelan, Senin (1/5/2023), Baharudin mengaku warganya belum bisa menikmati internet secara maksimal.

Bahkan, hingga saat ini, walaupun ada program dari pusat, internet belum bisa dinikmati seluruh warga Tambelan. Kalaupun ada untuk membeli paket Wifi yang tersedia, harga jual per paket terbilang sangat mahal. Sehingga warga Tambelan belum bisa mengikuti perkembangan informasi seperti warga di daerah lainnya.

"Kita pernah usulkan ke kementerian, namun untuk layanan internet seperti di kecamatan lainnya di Bintan membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Salah satunya membutuhkan kabel optik, dan jarak terdekat dari Kalimantan. Sehingga sampai saat ini, internet belum sepenuhnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Baharudin berharap, agar pihak pemerintah bisa mencarikan solusinya, agar warga Tambelan tidak merasa tertinggal dengan warga kecamatan lain di Bintan, serta masyarakat Kepri umumnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Tambelan, Hidayat ZA, yang berharap agar ketersediaan internet di Tambelan untuk dapat segera ditingkatkan. Agar internet tidak hanya dinikmati oleh sekelompok orang.

"Ketersediaan internet harus dikembangkan, agar masyarakat secara keseluruhan bisa menikmati internet, untuk perkembangan dan kemajuan masyarakat Tambelan," harapnya.

Sementara Bupati Bintan Roby Kurniawan pun berharap Kemenkominfo bisa segera merealisasikan peningkatan internet di Tambalen. Mengingat tower sudah ada dan berdiri, dan hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Semoga bisa secepatnya direalisasikan, sehingga bisa segera dinikmati untuk perkembangan dan kemajuan masyarakat. Pulang dari Tembelan akan langsung kita surati Monkoinfo," ungkapnya.

Editor: Gokli