Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gaji dan THR Tak Dibayar, Karyawan PT SIB Tanjungpinang Mogok Kerja
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 20-04-2023 | 19:16 WIB
IMG-20230420-WA0013.jpg Honda-Batam
Ratusan karyawan PT Swakarya Indah Busana (SIB) mogok kerja tuntut gaji dan THR. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan karyawan PT Swakarya Indah Busana (SIB) gelar aksi mogok kerja karena gaji dan THR tak kunjung dibayar, Kamis (20/4/2023).

Tampak di lokasi ratusan pekerja menduduki halaman perusahaan sambil sesekali berteriak agar gaji dan THR mereka segera dibayarkan.

"Bayar gaji dan THR kami. Kami perlu makan, kami mau lebaran, bayar gaji dan THR kami," kata salah seorang pekerja.

Saat dikonfirmasi, Ajo salah satu karyawan yang ikut aksi mogok kerja mengatakan bahwa mereka sudah dua bulan tidak menerima gaji dan belum juga menerima THR.

"Kami menuntut gaji kami yang bulan februari, maret dan THR segera dibayarkan," ucapnya.

Untuk THR, Ajo mengaku pihak perusahan baru mencicil Rp 1 juta pada Senin (17/4/2023) lalu, perusahaan berjanji akan mencicil kekurangan THR. Sedangkan terkait gaji, perusahaan berjanji akan dibayarkan sekira tanggal 25-27 April mendatang, kalau bank sudah buka.

"Untuk gaji bulan Maret dan selanjutnya juga belum jelas akan dibayarkan oleh perusahaan," sebutnya

Ajo mengaku para pekerja sudah melaporkan perihal gaji dan THR kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, namun sampai saat ini tidak ada solusi sama sekali.

"Capek kami lapor ke Disnaker, tiap bulan kami lapor, tapi tidak ada solusi juga. Disnaker seolah tidak peduli dengan nasib kami," ungkapnya kesal.

Editor: Yudha