Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Festival Lampu Colok, Bupati Karimun: Lestarikan Budaya di Bulan Ramadhan
Oleh : Freddy
Selasa | 18-04-2023 | 17:40 WIB
IMG-20230418-WA0070.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq menyalakan lampu di festival lampu Colok Ramadhan 1444 H. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka festival lampu colok dan lampu hias Eid Mubarak 1444 H tahun 2023 yang digelar di panggung rakyat rumah dinas Bupati Karimun, Senin (17/4/2023) malam.

Bupati Karimun dalam sambutannya mengaku senang dengan terselenggaranya festival lampu colok di bulan ramadhan tahun 2023 ini. Pasalnya sudah 3 tahun kegiatan ini tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, lomba lampu hias di Kabupaten Karimun dapat kembali dilaksanakan pada tahun ini karena perlombaan ini sangat dinantikan oleh masyarakat untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri," kata Aunur Rafiq.

Ia menjelaskan terlihat antusias masyarakat pada festival lampu colok dan hias tahun ini, khususnya para pemuda ikut serta menyemarakkan sehingga jumlah peserta mencapai 94 tim yang tersebar di 14 Kecamatan.

"Antusias peserta sangat luar biasa dengan jumlah hampir 100 peserta. Hal ini menunjukkan semangat masyarakat khususnya pemuda kita untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan di Kabupaten Karimun yang kita cintai ini," ujarnya.

Bupati berharap tingginya antusias terhadap pelaksanaan lampu hias tersebut dapat meningkatkan kekompakan, rasa kekeluargaan dan semangat masyarakat. Perlombaan tersebut bukan hanya sekedar mencari juara tetapi juga sebagai momentum untuk menyemarakkan dan melestarikan budaya dan tradisi umat muslim di bulan ramadhan.

"Melalui lampu hias ini kita harapkan dapat memperkuat rasa kekeluargaan dan kekompakan serta juga semangat untuk menjaga tradisi kita," tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, lomba lampu hias Eid Mubarak 1444 H dibagi menjadi dua kategori yakni lampu colok dan lampu elektrik.

Kategori lampu colok, juara I meraih hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta, Juara II Rp 17,5 juta, Juara III Rp 15 juta, Juara IV Rp 12,5 juta, Juara V Rp 10 juta, dan Juara VI Rp 7,5 juta.

Sedangkan untuk Kategori Lampu Elektrik Juara I Rp 15 juta, Juara II Rp 12,5 juta, Juara III Rp 10 juta, Juara IV Rp 7,5 juta, Juara V Rp 5 juta, dan Juara VI Rp 2,5 juta.

Editor: Yudha