Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Karimun Bersama FKPD Cek Kesiapan Angkutan Lebaran 2023
Oleh : Freddy
Selasa | 18-04-2023 | 16:19 WIB
IMG-20230418-WA0029.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama FKPD dan Stakeholder Cek Kesiapan pelayanan di pelabuhan penumpang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) melakukan pengecekan kesiapan pelayanan di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 H ,Selasa (18/4/2023)

"Pagi ini kita lakukan peninjauan kesiapan angkutan lebaran, khususnya transportasi laut yang menuju ke beberapa wilayah seperti Tanjung Pinang, Batam, Selat Panjang, Bengkalis, Buton, Dumai dan juga yang ke luar negeri seperti ke Kukup dan Johor Bahru Malaysia," kata Rafiq.

Ia menjelaskan dari peninjauan di pelabuhan, lonjakan penumpang masih dalam batasan normal. Sementara terkait kesiapan di pelabuhan domestik maupun internasional, mulai dari pintu masuk, loket penjualan tiket, tempat penanganan kesehatan, alat scanner dan X-ray, semuanya masih bagus dan berfungsi dengan baik.

"Kemudian dari kesiapan pengamanan di pos terpadu, terlihat dalam kondisi siaga untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan atau gejolak. Demikian juga ruang tunggu di penumpang dalam maupun luar negeri, kondisi AC, toilet dan air berfungsi baik," terang Rafiq.

Sementara dilihat dari kapal yang masuk maupun berangkat rata-rata hanya terisi 60-70 persen. Artinya tidak terjadi kelebihan kapasitas penumpang. Sedangkan untuk pergerakan penumpang atau orang yang berangkat maupun datang diperkirakan dalam sehari mencapai 7.000-8.000 orang.

Kemudian khusus untuk yang kembali dari luar negeri dari pelabuhan Kukup dan Putri Habour Johor Malaysia ke Karimun sejak Sabtu (15/4/2023) hingga saat ini diperkirakan mencapai 2.300-2.500 penumpang, baik yang menetap maupun transit.

"Alhamdulillah untuk tahun 2023 ini, untuk kedatangan maupun keberangkatan semuanya berjalan dengan tertib, lancar dan baik. Atas nama pemerintah Kabupaten Karimun mengucapkan terima kasih kepada jajaran dan stakeholder yang terlibat dalam hal penanganan transportasi angkutan laut menjelang Idul Fitri 1444 H," pungkasnya.

Editor: Yudha