Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

H-5 Idul Fitri 1444 H, Harga Bapokting di Batam Relatif Stabil
Oleh : Aldy
Senin | 17-04-2023 | 11:28 WIB
Jefridin-Gustian.jpg Honda-Batam
Sekda Jenfridin Hamid bersama Kadisperindag Gustian Riau saat meninjau harga Bapokting di Pasar Tos 3000 Jodoh, Kota Batam, Senin (17/4/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga kebutuhan pokok dan penting (Bapokting) di Kota Batam relatif stabil, hingga H-5 perayaan Idul Fitri 2023. Bahkan, beberapa jenis komoditas yang biasa mengalami lonjakan saat hari besar, seperti cabai, terpantau mengalami penurunan harga.

"Dari pantauan kita di Pasar TOS 3000 pagi ini, hampir semua harga komoditas itu normal bahkan ada yang harganya turun. Cabai merah Rp 32 ribu," ujar Sekda Batam, Jefridin Hamid, usai meninjau langsung Pasar TOS 3000 bersama Disperindag Kota Batam, Senin (17/4/2023).

Lanjut Jefridin, komoditas yang diwaspadai oleh tim pengendalian harga dari Pemko Batam menjelang perayaan hari besar seperti Idul Fitri, salah satunya adalah daging dan ayam. Namun, setelah melakukan beberapa antisipasi dan turun langsung ke lapangan, pihaknya merasa bersyukur bahwa komoditas tersebut hingga hari ini masih relatif stabil.

"Alhamdulillah harga daging masih normal, berkisar Rp 85 ribu hingga Rp 90 ribu, ayam freezer Rp 30 ribu, dan ayam potong segar Rp 33 ribu. Ini patut kita syukuri, karena daging dan ayam itu yang biasa melonjak harganya menjelang lebaran," terang Jefridin.

Selain daging dan ayam, Jefridin menjelaskan, komoditas yang sering mengalami lonjakan harga saat hari besar itu adalah cabai dan bawang. Akan tetapi keduanya hari ini berada pada harga normal. Bahkan harga cabai merah menembus harga terendah yakni Rp 32 ribu per kilogram, cabai setan Rp 40-43 ribu per kilogram, semantara cabai rawit Rp 36 ribu.

"Ini keberhasilan bersama dalam menjaga stok dan kestabilan harga. Terima kasih Kadisperindag, ini luar biasa, kolaborasi Assosiasi Distributor dengan Pemko, itu hanya ada di Batam, di daerah lain saya belum lihat, hal seperti ini perlu ditingkatkan," ungkap Jefridin Hamid.

Oleh sebab itu, Jefridin Hamid mengimbau kepada semua masyarakat Batam, agar tidak panik dengan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di Batam. "Kami imbau masyarakat jangan ada yang panicbuying, stok kita cukup, harga stabil, belanja jangan berlebihan, cukup sesuai dengan kebutuhan," imbuhnya.

Di slokasi yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, mengungkapkan stabilnya harga kebutuhan pokok di Kota Batam, merupakan langkah-langkah antisipasi dari semua tim. Tidak hanya itu, sejumlah kerja sama di beberapa daerah penghasil terkait pasokan bahan pokok ke Batam juga sudah terjalin dan sudah berjalan.

"Kami sangat bersyukur, bahkan sudah H-5 ini harga stabil. Ini kerja kita semua. Termasuk kerja sama dengan daerah penghasil itu sudah berjalan. Ini sangat berpengaruh terhadap stok dan kestabilan harga," jelas Gustian Riau.

Editor: Gokli