Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pegadaian Syariah Sei Panas Salurkan Dana Infak Nasabah dan DKU ke Warga Tiban
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 15-04-2023 | 17:32 WIB
IMG-20230415-WA0036.jpg Honda-Batam
Asisten Manager II Divisi Hubungan Kelembagaan PT Pegadaian Syariah Cabang Sungai Panas, Andi Suhendra, saat penyerahan bantuan, Sabtu (15/4/2023). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pegadaian Syariah Cabang Sungai Panas melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan dana Infak Nasabah dan Dana Kebajikan Umat (DKU) PT Pegadaian Syariah Cabang Sungai Panas periode Januari - Desember 2022 sebesar Rp 17.550.000.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, PT Pegadaian Syariah Cabang Sungai Panas turut menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam, sebagai salah satu lembaga resmi negara non struktural untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah.

Kali ini, penyaluran dana bantuan tersebut dilaksanakan di Masjid An Nahdhoh yang berada di RW 06 Perumahan Tiban Koperasi Batam. Adapun bantuan yang diberikan tersebut berupa sembako yang diberikan kepada 50 orang kaum dhuafa dan masyarakat yang kurang mampu.

Asisten Manager II Divisi Hubungan Kelembagaan PT Pegadaian Syariah Cabang Sungai Panas, Andi Suhendra mengatakan penyaluran bantuan ini berasal dari infak dan sedekah nasabah Pegadaian yang terkumpul dalam periode tahun 2022.

"Komitmen Pegadaian yakni untuk menyalurkan dana dari infak dan sedekah nasabah. Dan, Alhamdulillah, komitmen itu dapat kami wujudkan hari ini," ujar Andi usai penyerahan bantuan, Sabtu (15/4/2023).

Lebih lanjut Andi menyebutkan , melalui kegiatan ini sekaligus memberitahukan kepada masyarakat bahwasannya PT Pegadaian Syariah juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kondisi masyarakat yang kurang mampu.

Apalagi, kata Andi, sebentar lagi umat Islam akan menyambut datangnya hari kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, melalui bantuan ini pihaknya berharap bisa memberi kebahagian kepada penerimanya di hari kemenangan nantinya.

"Kami ingin warga yang kurang mampu dan kaum dhuafa bisa turut merasakan kebahagian pada hari kemenangan nanti," harapnya.

Andi menambahkan, bantuan DKU tidak hanya disalurkan kepada masyarakat di wilayah Tiban saja, melainkan bantuan ini juga diberikan kepada masyarakat kurang mampu dan kaum dhuafa yang ada di beberapa wilayah di kota Batam.

"Kami juga menyalurkan bantuan ini di berapa wilayah yang ada di kota Batam," jelas Andi.

Dilokasi yang sama, Ketua Baznas kota Batam, Dr Afrizal mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PT Pegadaian Syariah Cabang Sungai Panas, yang telah memilih Baznas sebagai lembaga penyalur Dana Kebajikan Umat (DKU) PT Pegadaian Syariah.

"Mewakili lembaga Baznas saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi PT Pegadaian Syariah Cabang Sei Panas, yang telah mempercai Baznas sebagai lembaga penyalur infak dan sedekah nasabah," ujar Dr. Afrizal usai kegiatan.

Dijelaskannya, kegiatan ini rencananya akan rutin dilakukan bersama-sama dengan PT Pegadaian Syariah setiap tahunnya, untuk menyalurkan infak dan sedekah dari nasabah.

Lanjutnya, ada 5 program unggulan yang rutin dilakukan pihaknya di Baznas kota Batam yakni, Batam Sehat, Batam Cerdas, Batam Taqwa, Batam Makmur dan Batam Peduli.

Kemudian, tahun lalu Baznas kota Batam telah berhasil mengumpulkan zakat, infak dan sedekah sebesar 21.5 milyar. Jumlah tersebut sebagian besar berasala dari zakat, infak dan sedekah Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Batam.

"Alhamdulillah, Wali Kota Batam kita, Muhammad Rudi memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Baznas," imbuhnya.

Di akhir kegiatan, dia mengajak seluruh masyarakat kota Batam untuk menyisihkan sedikit rezeki yang dimilikinya, untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung mendapatkan kebagahagiaan di hari kemenangan nantinya.

"Kami Baznas kota Batam siap bersinergi dengan siapa saja dalam hal-hal keumatan. Ayo berzakat ke Baznas, berapapun zakat, infak dan sedekah yang disalurkan melalui Baznas, dapat menghapus air mata kesedihan para mustahik," pungkasnya.

Editor: Yudha