Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menyongsong Dunia Digital, Amsakar Minta Para Guru di Batam Tingkatkan Kreativitas
Oleh : Aldy
Kamis | 06-04-2023 | 12:36 WIB
amsakar-guru.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat silaturahmi bersama Kepala Sekolah Dasar se-Kecamtan Batam Kota, di La Kopi Batam Center, Rabu (5/4/2023) sore. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meminta kepada para tim pengajar atau guru untuk lebih meningkatkan kreativitas pola pendidikan untuk menyongsong dunia digital yang terus berkembang.

Hal itu disampaikan saat acara silaturahmi dengan Kepala Sekolah Dasar se- Kecamatan Batam Kota, baik sekolah negeri dan maupun swasta di La Kopi Cafe, Batam Center, Kota Batam, Rabu (5/4/2023) sore.

Silaturahmi dengan para Kepala Sekolah tersebut, juga disejalankan dengan Rapat Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3D) tingkat Sekolah Dasar.

Pada kesempatan itu, Amsakar bercerita perihal satu buku yang ditulis seorang professor di Stern School of Business New York University, Scott Galloway dengan judul 'The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google'.

Buku ini menggambarkan tentang perubahan besar dari empat inovasi besar yang kini mewarnai era modern yang saat ini terus berkembang. Yang menurutnya dapat menjadi rujukan agar pendidikan terus maju dan mampu bersaing dan mengikuti perkembangan zaman.

"Anak-anak perlu juga dibekali dengan pendidikan-pendidikan yang mumpuni. Selain itu kreativitas para guru juga sangat penting, agar kita tidak ketinggalan," pinta Amsakar Achmad.

Diakuinya, perubahan pola pendidikan terus berkembang, bila tenaga pendidik tidak melakukan inovasi, atau masih bertahan dengan pola lama, maka tidak mungkin para murid akan meninggalkan atau merasa bosan untuk terus mengembangkan dirinya.

"Kalau kita masih berkutat dengan pola lama, berdiri di belakang meja guru dan membacakan materi, bisa-bisa anak didik kita pada kabur," ujarnya.

Namun, Amsakar mengaku bangga dengan peran Kepala Sekolah maupun tenaga pendidik selama ini. Menurutnya, keberhasilan pendidikan dan kualitasnya ditentukan oleh peran besar yang dilakoni para tenaga pendidik.

"Masa depan anak-anak Batam ada di tangan bapak ibu sekalian, apalagi Batam ini berbatasan dengan negara tetangga. Saya menyampaikan terimakasih atas perannya selama ini," kata Amsakar.

Dampak pendidikan selama ini sesungguhnya sudah terasa, walau ia menyebutkan tidak ada kata berhenti untuk terus mewujudkan pendidikan yang lebih baik.

Kini, Indeks Prestasi Manusia (IPM) Batam merupakan yang tertinggi di Kepulauan Riau dan terbaik ke-5 se-Sumatera. Dari capaian ini tercermin bahwa kerja meningkatkan kualitas pendidikan harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. "Maka saya berharap, mari kita fokus betul siapkan generasi muda Indonesia yang mumpuni, bisa bersaing pada dunia yang sudah hampir dipenuhi dengan digital," ujarnya.

Bukan tanpa sebab, Amsakar menambahkan, selain Indonesia kini terus berkembang. Kelak 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Dan pada tahun 2045, Indonesia genap 100 tahun atau yang kerap dikenal Indonesia Emas 2045.

"Pada saat itu, jumlah penduduk Indonesia didominasi kalangan muda. Makanya kita siapkan dari sekarang," pungkas Amsakar Ahmad.

Editor: Gokli