Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap Kiriman Belum Ganggu Penerbangan di Batam
Oleh : ali/dd
Senin | 27-08-2012 | 15:55 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Hang Nadim mengatakan asap kabut yang melanda Kota Batam belakangan ini merupakan asap kiriman dari Kawasan Sumatra bagian selatan.


"Sudah dua hingga tiga hari ini terjadi kabut dikarenakan asap kiriman dari  bagian selatan, seperti dari Jambi dan Lampung," ujar Kepala BMKG Bandara Hang Nadim Batam, Philip kepada batamtoday, Senin (27/08/2012).

Philip mengatakan, terdeteksi suhu panas di kawasan Sumatra bagian selatan melebihi titik panas normal. Sehingga angin asap kabut terbawa angin dari selatan dan barat daya hingga ke Kota Batam dan wilayah Kepri lainnya.

{hilip menjelaskan batasan titik panas standar berdasarkan kepercayaan terjadinya titik panas yakni warna biru 51-60 persen, warna hijau  61-71 persen, kuning 71-80 persen dan merah 81-100 persen. 

"Tercatat 106 titik suhu panas di kawasan Sumatra bagian selatan yang berasal dari kawasan tersebut yang terjadi sejak tiga hari belakangan ini," terangnya.

Sedangkan untuk jalur penerbangan, tambahanya sama sekali tidak terkendala yakni dapat mencapai empat hingga lima kilo jarak pandang.

"Untuk penerbangan pesawat yang akan landing maupun take off sama sekali tidak terganggu, karena jarak pandang masih dapat terlihat empat hingga lima kilometer," ujarnya.