Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Gol Messi Antarkan Kemenangan Barca
Oleh : Redaksi/M
Senin | 27-08-2012 | 11:27 WIB
Messi.jpg Honda-Batam
Messi tampak dingin saat merayakan golnya ke gawang Osasuna. Foto:AFP

OSASUNA, batamtoday - Barcelona membukukan kemenangan kedua secara beruntun di pentas La Liga kala melawat ke markas Osasuna. Dua gol Lionel Messi mengubah keadaan Barca setelah terlebih dahulu tertinggal dari tuan rumah.


Kemenangan itu sendiri membuat El Barca memimpin puncak klasemen sementara dengan 6 poin dari dua pertandingan, sedangkan Messi menjadi top skor sementara dengan 4 gol dari dua pertandingan.

Berlaga di Estadio El Sadar, Senin (27/8/2012) dini ari WIB Barca menunjukan kualitas permainan tiki taka. Mereka mendominasi pertandingan hingga ball position sangat timpang. 

Hanya saja, skuad Tito Villanova itu harus dikejutkan dengan gol tuan romah yang dicetak oleh Joseba Llorente di pertengahan babak pertama. Babak pertama keberuntungan berpihak pada Osasuna. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan skuad El Barca gagal merobek gawang Osasuna. Bahkan pemain Barca terlihat frustasi di tengah terror lemparan botol air mineral dari penonton. Setidaknya empat peluang emas terbuang sia-sia. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pelatih Barcelona mencoba merubah strategi dengan menarik keluar Cesh Fabregas dan digantikan Pedro. Beberapa menit kemudian, lini tengah Barca kembali mengalami penyegaran. Iniesta ditarik keluar dan digantikan Xavi Hernandes. Juga sayap kiri, Tello digantikan striker senior David Villa. Hasilnya cukup efektif. Dua gol terjadi berkat kerjasama apik dari ketiga pemain yang masuk di babak kedua tersebut.

Gol pertama Barca lahir di menit ke-76 memanfaatkan kecerdikan Pedro yang berhasil mengecoh tiga bek Osasuna. Pemain timnas Spanyol itu berhasil mengirim umpan ke Alexis Sanchez yang lansung diteruskan ke Lionel Messi. Umpan mendatar yang tidak disangka itu berhasil dikonversi El Mesiah menjadi gol penyeimbang. 1-1 kedudukan sementara.

Hanya empat menit berselang, Messi kembali merobek gawang Osasuna dan membawa Barcelona balik memimpin dengan tembakan kerasnya memanfaatkan assist Jordi Alba. David Villa yang mencoba menusuk dari sisi kiri berhasil mengirim umpan ke Jordi Alba yang lansung diteruskan Assist ke Lionel Messi yang berdiri bebas di tengah kotak pinalti. Pemain mungil ini kembali merobek gawang Osasuna dengan kaki kirinya. 1-2 Barca berbalik unggul.

Serangan dan ball posistion tetap diperagakan pemain Barca meski sudah unggul. Hingga babak kedua berakhir, skor tidak berubah, 1-2 untuk keunggulan tim Catalan.

Hasil ini membuat pasukan Tito Villanova kukuh di puncak klasemen sementara dengan enam poin dari dua kemenangan.