Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ansar Pastikan Pemprov Kepri Bangun 4 Unit Sekolah Baru di Batam Tahun Ini
Oleh : Redaksi
Senin | 27-03-2023 | 11:48 WIB
4-USB-BTM.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, saat berkunjung ke salah satu sekolah. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dipastikan akan membangun sebanyak 4 Unit Sekolah Baru (USB) di Kota Batam pada Tahun Anggaran 2023 ini. Ke-4 USB yang akan dibangun, yakni 2 SMA, 1 SMK, dan 1 SLB.

Hal tersebut dikonfirmasi Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, Minggu (26/3/2023), usai melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Jami' Baloi Center, Kota Batam. Pembangunan 4 USB ini merupakan upaya untuk memecahkan persoalan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Batam yang selalu terjadi setiap tahunnya.

"Setiap tahun masalah PPDB di Kota Batam selalu mencuat. Jadi program pembangunan USB di tahun 2023 ini merupakan salah satu langkah yang digesa kita. Ini juga merupakan bentuk kesungguhan perhatian Pemprov Kepri terhadap dunia pendidikan di Kota Batam," ujar Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Selain pembangunan 4 Sekolah Baru, Gubernur Ansar menambahkan, di Batam, juga akan dibarengi dengan adanya penambahan Ruang Kelas Baru (RKB), ruang laboratorium, ruang guru, ruang OSIS dan sarana penunjang pembelajaran yang lain.

"Sementara itu, di tahun anggaran 2022 lalu, Pemprov Kepri juga telah selesai membangun sebanyak 116 RKB di Kota Batam, yang juga dibarengi dengan pembangunan ruang praktek siswa (RPS), ruang laboratorium biologi, fisika, kimia dan ruang OSIS," paparnya.

Gubernur menjelaskan, program pembangunan sekolah ini bersamaan dengan program-program lain yang sedang digesanya di Kota Batam pada tahun 2023 ini. "Selain pembangunan sarana prasarana, serta konektivitas, pembangunan unit sekolah baru juga kita gesa karena sudah urgent itu," tutup Gubernur.

Terpisahan, Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Andi Agung, menjelaskan pembangunan 4 USB di Batam dengan rincian SMAN 29 Batam dengan pagu anggaran Rp 2,250 miliar dan SMAN 30 Batam dengan pagu anggaran yang sama.

"Kemudian SMKN 10 Batam dengan pagu Rp 3 miliar serta SLBN 2 Batam dengan pagu Rp 2 miliar. Kesemuanya kita bangun melalui dana APBD," ucapnya.

Editor: Gokli