Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Bentuk Tim Monitor Pelaksanaan Pilkada Kota Tanjungpinang
Oleh : surya
Senin | 27-08-2012 | 08:43 WIB
Aida-Zulaikha-Ismeth 2.jpg Honda-Batam

Senator Aida Z Ismeth Abdullah

JAKARTA, batamtoday - DPD RI asal Kepulauan Riau (Kepri) akan membentuk tim guna memonitor proses pelaksanaan Pilkada Kota Tanjungpinang pada 31 Oktober 2012 mendatang dengan empat pasangan calon yang akan bertarung memperebutkan kursi Tanjungpinang-1.


"Agar pesta demokrasi berjalan adil dan benar-benar demokratis, maka kami memita DPD RI untuk membentuk tim yang memonitior proses tersebut," kata Aida Z Ismeth Abdullah, Anggota DPD RI asal Kepri di Jakarta Senin (27/8/2012).

Menurutnya, permintaan untuk membentuk tim monitoring pelaksanaan Pilkada Kota Tanjungpinang itu telah disampaikannya dihadapan Rapat Paripurna DPD RI yang dipimpin Ketua DPD Irman Gusman pada 15 Agustus 2012 lalu, dengan agenda mendengar laporan kunjungan kerja di daerah.

"Tim monitor ini penting karena di Kota Tanjungpinang dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah. Ekskalasi politik di Tanjungpinang semakin hari semakin memanas karena ada keberpihakan dari walikota saar ini kepada salah satu calon yang notabene adalah anaknya," kata istri Ismeth Abdullah, manta Gubernur Kepri ini.

Senator Aida menilai dengan adanya tim monitor ini benar-benar dapat memberikan rasa adil dan demokratis bagi perjalanan pesta demokrasi di Provinsi Kepri, khususnya di Kota Tanjungpinang.

"Selain itu pembentukan tim ini juga sangat bermanfaat dalam upaya menyempurnakan rancangan undang-undang pemilihan kepala daerah yang akan datang," katanya.

KPU Tanjungpinang menetapkan empat pasang bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada pilkada yaitu Lis Darmansyah-Syahrul, Maya Suryanti-Tengku Dahlan, Hendry Frankim-Yusrizal dan Husnizar Hood-Rudy Chua. Maya Suryanti merupakan putri sulung dari Suryatati A Manan.