Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian PPPA Audit Kelayakan Ruang Bermain Anak Taman Batu 10 Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-03-2023 | 13:00 WIB
0112_taman-batu-10-0123.jpg Honda-Batam
Tim Kementerian PPPA saat melakukan audit Ruang Taman Bermain Anak Taman Batu 10 Kota Tanjungpinang, Rabu (8/3/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 4 orang Tim Kementerian PPPA melakukan audit Ruang Bermain Anak Taman Batu 10 Kota Tanjungpinang. Tim Kementerian PPPA ini bekerja selama tiga hari sejak Rabu (8/3/2023).

Audit tersebut dilakukan dalam rangka standarisasi dan Sertifikasi Taman Batu 10 menjadi Ruang Bermain Ramah Anak yang aman, nyaman, sehat dan memenuhi 13 persyaratan standar yang sudah ditetapkan Kementerian PPPA.

Adapun 13 persyaratan RBRA tersebut adalah: lokasi, pemanfaatan, kemudahan, material, vegetasi, penghawaan udara, peralatan bermain, keselamatan, keamanan, kesehatan/kebersihan, kenyamanan, pencahayaan dan pengelolaan.

Selain itu, RBRA juga harus memenuhi 8 prinsip yaitu: gratis, non diskriminasi, kepentingan terbaik anak, partisipasi anak, aman dan selamat, nyaman, kreatif dan inovatif, dan sehat.

Kadis DP3APM Tanjungpinang, Rustam, sangat mengapresiasi komitmen, dukungan dan sinergi berbagai pihak sehingga standarisasi dan sertifikasi ini dapat terlaksana. "Khususnya dukungan dari Ibu Wali Kota, Pak Sekda, Pak Asisten, Para Pimpinan OPD se-Kota Tanjungpinang, Camat, Puskesmas, Lurah, Kepolisian, Dunia Usaha, Forum Anak, Ketua RW dan RT, Tim Penggerak PKK, LPM dan Karang Taruna dan lainnya sangat memberikan support yang terbaik," kata Rustam, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/3/2023).

Dengan terstandarisasi dan tersertifikasi RBRA ini, menurut Rustam, akan dapat menjadi contoh dan model bagi pengembangan RBRA lainnya yang lebih banyak lagi di Kota Tanjungpinang dalam rangka pemenuhan hak anak dan memberikan fasilitasi tumbuh kembang anak yang optimal bagi seluruh anak guna mewujudkan SDM yang unggul, berkualitas dan berdaya saing.

Editor: Gokli