Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Melawan dan Coba Kabur, Polisi Tembak Pelaku Curas di Sagulung
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 08-03-2023 | 10:16 WIB
0112_tsk-curas-sagulung-0123.jpg Honda-Batam
Salah satu pelaku curas yang diringkus Polsek Sagulung. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Opsnal Polsek Sagulung berhasil meringkus dua orang pria tanggung pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang beraksi menggunakan senjata tajam gunting.

Kedua pelaku inisial FI (18) dan AO (17), dibekuk di Simpang Dam Muka Kuning, Kecamatan Sungai Beduk, Sabtu (4/3/2023) sekira pukul 09.00 WIB. Untuk AO, terpaksa harus dihadiahi timah panas setelah melawan dan coba kabur saat hendak ditangkap.

Aksi keduanya terjadi pada Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 17.30 WIB di Jalan Dapur 12, Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung. Kedua pelaku melancarkan aksinya dengan berpura-pura sepeda motor yang digunakan kehabisan bensin dan meminta korban untuk mendorongkan kendaraan tersebut.

Korban yang merupakan seorang pelajar tertipu daya mengikuti permintaan pelaku, dan mendorong kendaraan pelaku hingga ke wilayah sepi penduduk di Jalan Dapur 12 Sagulung.

"Modus pelaku kehabisan bensin dan meminta tolong didorong ke wilayah yang yang sepi. Korban adalah seorang pelajar yang sedang mengambil sample air laut untuk tugas sekolah," ujar Kapolsek Sagulung, Iptu Nyoman Ananta Mahendra, Rabu (8/3/2023).

Sesampainya di wilayah sepi, kedua pelaku langsung melancarkan aksinya dengan meminta korban untuk mengeluarkan barang-batang berharga sambil menodongkan sebuah gunting tajam ke arah leher korban.

Merasa nyawanya terancam, korban langsung memberikan barang berharga satu unit Handphone OPPO A7 serta kunci motor yang digunakan korban.

Setelah mendapatkan barang berharga milik korban, kedua pelaku langsung kabur meninggalkan korban. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian mencapai Rp 5.500.000 dan melaporkan kasus tersebut ke Polsek Sagulung.

"Pada saat penangkapan kita juga berhasil mengamankan batang bukti berupa satu unit handphone milik korban, satu gunting gagang warna hitam dan sepeda motor Mio Sporty warna merah yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya," ujar Nyoman.

Nyoman juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal, serta tidak membawa barang berharga seperti perhiasan yang dapat mengundang niat para pelaku kejahatan.

Editor: Gokli