Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

140 Perguruan Tinggi Luar Negeri Bisa Jadi Tujuan Studi

Pendaftaran IISMA Masih Dibuka hingga 8 Maret 2023
Oleh : Redaksi
Senin | 06-03-2023 | 14:12 WIB
IISMA-2023.jpg Honda-Batam
Program Indonesian International Mobility Award (IISMA) masih membuka pendaftaran peserta mahasiswa hingga 8 Maret 2023 mendatang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Program Indonesian International Mobility Award (IISMA) masih membuka pendaftaran peserta mahasiswa hingga 8 Maret 2023 mendatang.

Program pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester atau selama 4-6 bulan.

Untuk IISMA 2023, ada 140 institusi pendidikan tinggi akademik dan vokasi di 27 negara yang bisa dipilih oleh para calon peserta.

"Kami berikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa dari Sabang sampai Merauke untuk mendaftar. Program IISMA adalah program milik pemerintah Indonesia untuk semua warga negara Indonesia apapun latar belakangnya," terang Rachmat Sriwijaya, Ketua Program IISMA, demikian dikutip laman Kemendikbudristek, Sabtu (4/3/2023).

Dengan mengikuti Program IISMA, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bisa mempelajari berbagai subjek pengetahuan multidisiplin yang linear dengan program studinya dan disediakan oleh perguruan tinggi tuan rumah mitra di luar negeri. Rekognisi setara 20 sks juga akan didapatkan oleh para peserta sebagai pengakuan hasil pembelajaran yang didapatkan selama mengikuti program.

Sudah ada ribuan mahasiswa Indonesia yang sudah belajar di perguruan tinggi terbaik di berbagai penjuru dunia. Selain belajar, mahasiswa peserta IISMA juga diharapkan bisa menjadi duta bangsa dalam memperkenalkan budaya Indonesia di negara tujuan. Dengan berbagai hasil baik yang berhasil dicapai pada pelaksanaan di angkatan-angkatan sebelumnya, Program IISMA kembali bersiap untuk mengirim ribuan mahasiswa Indonesia ke luar negeri untuk pelaksanaan di tahun 2023 ini.

Editor: Gokli