Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo Tegaskan Penundaan Pemilu 2024 Tidak Masuk Akal
Oleh : Redaksi
Minggu | 05-03-2023 | 20:04 WIB
prabowo-paloh-b.jpg Honda-Batam
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum Partau Nasdem Surya Paloh (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menilai penundaan Pemilu 2024 tidak masuk akal dan kurang arif.

Hal itu disampaikan Prabowo merespons putusan PN Jakarta Pusat yang mengabulkan gugatan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) dengan menghukum KPU untuk menunda tahapan Pemilu 2024.

"Saya kira sangat kurang arif atau tidak masuk akal kalau ditunda-tunda terus," kata Prabowo usai bertemu Ketum NasDem Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

Bagaimana pak?" imbuh Prabowo meminta pandangan Surya Paloh. "Namanya usaha ya," sambung Prabowo yang disambut gelak tawa.

Di sisi lain, menurutnya, keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu masih bisa dianulir di pengadilan tingkat atasnya.

"Saya kira sudah banyak yang komentar, ya. Dari banyak tokoh-tokoh, Menkopolhukam kalau tidak salah sudah memberi tanggapan. Ya itu kan pengadilan negeri masih ada di atasnya Pengadilan Tinggi dan sebagainya," katanya.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sebelumnya mengabulkan gugatan Partai Prima dengan menghukum KPU untuk menunda tahapan Pemilu 2024. Perkara nomor: 757/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst itu diadili oleh ketua majelis hakim T. Oyong dengan hakim anggota H. Bakri dan Dominggus Silaban.

Majelis Hakim menyatakan KPU telah melakukan perbuatan melawan hukum. KPU diminta membayar ganti rugi materiel sebesar Rp500 juta kepada Partai Prima.

Meski demikian, Humas PN Jakarta Pusat Zulkifli Atjo berpendapat putusan itu belum memperoleh kekuatan hukum tetap atau inkrah. Ia menjelaskan masih ada upaya hukum di Pengadilan Tinggi.

Editor: Surya