Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Starbucks Kini Hadir di Kota Pematang Siantar dan Palangka Raya
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-03-2023 | 12:24 WIB
001122_starbucks-siantar-0123.jpg Honda-Batam
Starbucks di tepi Jalan Raya Trans-Sumatra, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tahun ini, Starbucks di Indonesia terus menghadirkan pengalaman Starbucks (Starbucks Experience) kepada lebih banyak pelanggan dengan membuka gerai pertamanya di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara dan juga Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Pematang Siantar, Starbucks di Kota Terbesar Kedua di Sumatera Utara

Sebagai kota terbesar kedua di Sumatera Utara, Pematang Siantar sarat dengan sejarah, budaya dan peluang ekonomi. Terletak di tepi jalan raya Trans-Sumatra, Siantar merupakan kota utama yang mendukung ekonomi pariwisata di daerah sekitarnya.

Gerai Starbucks Pematang Siantar diresmikan pada 27 Februari 2023, dan dibuka untuk pelanggan keesokan harinya. Gerai seluas 154 m2 ini memiliki dua lantai dan tampil dominan di tengah kompleks bisnis Megaland di pusat kota Pematang Siantar. Meja komunitas dan area outdoor terletak di lantai 2, memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berkumpul bersama kolega, teman, dan keluarga.

Starbucks Pertama di Kalimantan Tengah

Sementara itu, ekspansi Starbucks di Indonesia selanjutnya akan difokuskan hingga ke luar Pulau Jawa pada tahun ini, salah satunya Kalimantan. Gerai Starbucks Diponegoro Palangka Raya merupakan gerai pertama Starbucks di Kalimantan Tengah yang terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Diponegoro nomor 5-6 Langkai, Pahandut, Palangka Raya.

Gerai satu lantai seluas 242 m2 ini memiliki meja komunitas tepat di depan bar yang memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan para barista serta area outdoor yang cukup luas di depan gerai. Dengan elemen kayu dan rotan yang kuat sebagai interiornya, gerai ini terasa nyaman dan mengundang pelanggan untuk datang dan menikmati suasana gerai bersama keluarga, teman, atau kolega.

"Kami sangat senang dapat berekspansi ke kota Pematang Siantar dan Palangka Raya dan berharap dapat melayani masyarakat lokal di gerai kami," kata Anthony McEvoy, pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/3/2023).

"Pelanggan telah menunggu untuk merasakan sajian Starbucks, dan kami berharap gerai Pematang Siantar dan gerai Diponegoro Palangka Raya menjadi tempat nongkrong favorit baru bagi masyarakat sekitar," imbuhnya.

Memasuki hari jadinya yang ke-21, Starbucks telah berekspansi ke lebih dari 40 kota di Indonesia hingga akhir tahun 2022, dengan lebih dari 4.300 partner yang bangga mengenakan apron hijau. Dan hari ini, perusahaan menawarkan banyak cara bagi pelanggan untuk terhubung dengan orang-orang terkasih mereka melalui secangkir kopi Starbucks yang berkualitas tinggi.

Dalam misinya untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang-orang yang terhubung dengan Starbucks, perusahaan juga berusaha untuk menciptakan dampak positif di komunitas yang dilayaninya. Pada tahun 2020, Starbucks membuka Community Store pertama di lingkungan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan peluang pendidikan bagi kaum muda di Tanah Abang, diikuti oleh Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) dalam mendukung pemberdayaan kaum muda.

Di akhir tahun 2022 lalu, Starbucks juga membuka Signing Store pertamanya di Indonesia untuk memberikan lingkungan kerja yang inklusif yang dipersatukan dalam Bahasa Isyarat. Bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, lebih dari 500.000 benih kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup. Dan sebagai apresiasi kepada para responden garis depan wabah Covid-19, lebih dari 50.000 cangkir minuman telah disumbangkan ke rumah sakit dan pusat vaksinasi.

Sejalan dengan misinya untuk memperkuat kemanusiaan dengan mengubah kehidupan di seluruh dunia, dengan fokus untuk memberdayakan ketahanan dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan semangat masyarakat yang terkena dampak bencana, Starbucks Foundation mendukung banyak inisiatif lainnya di Indonesia.

Pada tahun 2022, Starbucks Foundation bekerjasama dengan Habitat for Humanity dan PT Sari Coffee Indonesia untuk mendukung proyek air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Selain itu, partner Starbucks Indonesia memasang AquaTower dengan Planet Water Foundation di Cipamokolan, Bandung pada Hari Cuci Tangan Sedunia, menjadikannya menara kesepuluh di Indonesia sejak 2011.

Selain itu, partner Starbucks telah mendukung proyek yang dipimpin oleh Mercy Corps Indonesia, dan didanai oleh Starbucks Foundation, untuk memberdayakan petani kopi perempuan di Kabupaten Bandung melalui pelatihan dan pendampingan. Baru-baru ini, Starbucks Foundation juga mendukung penerapan sistem air darurat AquaBlock dalam kemitraan dengan Planet Water Foundation untuk menyediakan air minum yang bersih dan aman bagi masyarakat yang terkena dampak gempa di Cianjur.

Editor: Gokli