Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pondok Wisata Pulau Penyali Sediakan Menu Steam Napoleon
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 01-03-2023 | 18:12 WIB
AR-2023-094-Pulau_Penyali.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Menu steam napoleon tersedia di Pondok Wisata Pulau Penyali . (Alfredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Resto Pondok Wisata Penyali menyediakan menu steam napoleon. Ini menjadi satu-satunya menu kuliner berkelas internasional di Kabupaten Kepulauan Anambas dan harganya juga cukup fantastis yaitu sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta per ekor.

"Menu steam napoleon ini tergantung yang pesan, kalau ada yang pesan kita sediakan. Kalau soal harga, itu sudah sesuai dengan harga jual kita ke Hongkong dan biaya operasional ketika memelihara ikan," ucap Dodo, pemilik Pondok Wisata Pulau Penyali sekaligus Pemilik Keramba Ikan Kerapu dan Napoleon Air Sena, Rabu (1/3/2023).

Dodo menerangkan, cara untuk memasak steam napoleon agar enak dan lambut harus menyesuaikan bumbu. "Kalau ada bumbu yang ketinggalan, itu akan terasa hambar," terangnya.

Dodo mengakui, menu steam napoleon sudah digagas ketika sedang merencanakan pembangunan Pondok Wisata Pulau Penyali. Pasalnya, di Anambas belum ada resort yang menyediakan menu tersebut.

"Apalagi, ikannya kita sendiri yang pelihara. Kita juga kepikiran, sampai kapan ikan napoleon ini dinikmati negara luar, sedangkan kita merupakan daerah penghasil ikan napoleon ini. Sehingga saya tertarik untuk membuat menu steam napoleon," ucapnya.

Mengenai rasa steam napoleon, salah satu tamu Pondok Wisata Pulau Penyali, Rikaswin mengakui bahwa olahan Dodo, sangat enak. "Kalau Pak Dodo yang masak, tak perlu diragukan lagi. Perpaduan bumbunya sangat pas," ucap Rikaswin.

Rikaswin menambahkan, adanya menu steam napoleon menjadi daya tarik tersendiri Pondok Wisata Pulau Penyali. "Selain pemandangan yang indah, kita juga bisa menikmati menu makanan khas Anambas dan ada juga makanan berkelas internasional," terangnya.

Editor: Yudha