Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Erick Thohir Targetkan Indonesia Lolos Babak Grup Piala Dunia U-20
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-02-2023 | 19:53 WIB
AR-2023-090-Erick-Thohir.jpg Honda-Batam
Ketua PSSI Erick Thohir. (CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua PSSI Erick Thohir menargetkan Timnas Indonesia U-20 lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 2023.

"Persiapan akan kita siapkan sebaik-baiknya. Saya berharap target utama hari ini kita lolos grup dulu. Itu tujuannya dan ini perlu persiapan fokus mental dan latihan yang prima," kata Erick Konferensi Pers Piala Dunia U-20 2023, Selasa (28/2/2023).

Menurut Erick, target tembus fase knockout juga bisa terwujud dengan dukungan suporter Garuda Nusantara selama turnamen berlangsung. Menurutnya, positivisme dari penggemar akan menambah kekuatan Indonesia tampil di depan publik sendiri.

"Saya berharap suporter Indonesia jadi napas tambahan. Pertandingan 2x45 menit ini hadir dengan level yang lebih tinggi dari kita. Banyak negara-negara yang levelnya lebih tinggi, kita butuh napas tambahan," ujarnya.

Erick menyampaikan, kesuksesan Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi bekal masa depan Indonesia jika ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia senior. Ia optimistis, Indonesia dapat menyelenggarakan pesta sepak bola tertinggi dunia seperti Qatar dan negara-negara lain.

"Persiapan Piala Dunia U-20 adalah persiapan cikal bakal siap tidak kita untuk Piala Dunia. Itulah kenapa penyelenggaraan dan prestasi nasional harus berjalan bersamaan tidak boleh ada yang tertinggal," ucapnya.

"Piala Dunia U-20 ini proses sehingga kita punya rekam jejak dan standar yang bisa diterima dunia," katanya menambahkan.

Piala Dunia U-20 2023 akan diselenggarakan di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah ajang resmi FIFA.

Indonesia adalah negara Asia Tenggara kedua tuan rumah Piala Dunia junior. Sebelumnya Malaysia pernah menyelenggarakan ajang serupa pada 1997 silam.

Terdapat enam lokasi yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20. Venue tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Sriwijaya (Palembang), Manahan (Solo), dan Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha